Keunikan Batik Jawa Hokokai

0 224

Keunikan Batik Jawa Hokokai

Batik Jawa Hokokai merupakan salah satu batik tulis yang mempunyai ragam hias yang kaya dan isen-isen yang rumit serta tata warna yang banyak. Disaat itu kain mori sangatlah langka, maka Batik Hokokai dibuat kain panjang dengan pola pagi sore atau pada satu kain panjang ada 2 ragam hias yang berbeda, dengan maksud agar dapat digunakan pada dua acara yang berbeda. Batik Hokokai adalah salah satu contoh gaya batik yang paling banyak berisi detail, menggabungkan ciri Pagi-Sore, Motif Terang Bulan, dan Tanahan Semarangan.

Batik Hokokai menggunakan latar belakang yang penuh dan detail yang digabungkan dengan bunga-bungaan dalam warna-warni yang cerah. Motif terang bulan awalnya adalah desain batik dengan motif segi tiga besar menaik secara vertikal di atas latar belakang yang sederhana. Warna yang terdapat di dalam Batik Jawa Hokokai sangatlah menarik, disesuaikan dengan warna-warna yang digunakan pada kimono Jepang seperti kuning, biru turqoise, merah, merah muda, lembayung dan warna-warna serah lainnya. Yang menarik pada Batik Djawa Hokokai adalah adanya susomoyo yaitu pola pinggiran yang tediri atas ragam hias bunga dan kupu-kupu yang diatur dari pojok ke arah bawah atau pojok bawah kearah samping seperti tata susun pola kimono Jepang.

Pembuatan Batik Jawa Hokokai dalam bentuk Batik Pagi-Sore sebagai akibat kelangkaan bahan batik pada Perang Dunia II dan sampai sekarang terus bertahan dalam bentuk itu. Batik Djawa Hokokai memang hanya diproduksi dalam waktu yang sangat singkat tahun 1942-1945 oleh karena itu tidaklah terlalu banyak kita temukan kolektor yang masih memiliki Batik ini. Namun saat ini agak sulit meminta pembatik untuk membuat repro dari Batik Jawa Hokokai, ini menunjukan betapa tingginya seni dan teknik pembuatannya sehingga pembatik masa kini tidak sanggup mengerjakannya.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-hokokai/
Comments
Loading...