Keunikan Batik Bekasi

0 50

Keunikan Batik Bekasi

Dilihat dari corak dan motifnya Batik Kota Bekasi bisa dikembangkan secara luas dan bisa digemari semua kalangan baik warga asli Bekasi dan warga urban. Begitu juga untuk kalangan anak muda, warna dan coraknya bisa pas menyesuaikan trend anak gaul. Batik Bekasi bisa menjadi seragam SD, SMP dan SMA. Seragam muatan lokal PNS, pegawai swasta di Kota Bekasi dan dikembangkan dengan modifikasi rumah mode, butik dan pakaian Muslim pria-wanita.

Selama ini hanya ada 12 pakem motif Bekasi. Meski sudah ada 12 pakem, untuk mengembangkan corak dan motif batik Bekasi harus terus dikreasikan tanpa menghilangkan muatan lokal. Batik yang sudah mendunia dan merupakan salah satu warisan budaya Nusantara dan diakui oleh dunia Internasional. UNESCO telah menetapkan batik sebagai Warisan Kebudayaan Dunia dari Indonesia dan masuk ke dalam ”The Representative List of the Intangible Culture Heritage of Humanity” tahun 2009.

Motif batik Bekasi dengan keunikan yang berasal dari kekayaan budaya Bekasi. Corak khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain ditambah dengan warna-warna cerahnya memberikan nilai tersendiri. Batik bekasi tampil dengan motif-motif yang besar, gambar-gambar ikon yang jelas serta warna cerah menjadi pembeda dari batik daerah lainnya. Keunggulan dan keunikan itu yang merupakan gaya khas Bekasi yang harus disosialisasikan secara masif dan didorong bisa mengangkat industri kreatif rumahan. Selagus bisa menjadi branding Kota Bekasi sebagai kota yang kreatif dan memiliki budaya unggul yang dipengaruhi semua unsur budaya Nusantara.

Source https://www.beritaekspres.com/ https://www.beritaekspres.com/2016/05/18/batik-kota-bekasi-unik-ngetren-ngejreng-dan-trendy/
Comments
Loading...