Keunggulan Batik Cap

0 529

Keunggulan Batik Cap

Proses pembuatan motif batik yang dilakukan oleh para seniman batik yang ada di Indonesia telah berlangsung dalam waktu yang sangat lama dan telah berkembang hingga menjadi berbagai macam bentuk seperti yang kita temui dan pakai saat ini. Pembuatan batik juga berkembang dengan cukup pesat dan membuat teknik pembuatan batik baru harus dilakukan. Walaupun teknik tersebut memberikan penurunan dalam hal kualitas dan juga harga namun teknik batik cap cukup terbukti dapat memenuhi kebutuhan masyarakat banyak akan baju batik dan berbagai macam jenis batik lainnya.

Perkembangan batik cap sudah terjadi beberapa puluh tahun belakangan ini untuk lebih membuat tingkat kecepatan produksi batik lebih tinggi dan cepat. Dengan menggunakan teknik batik cap para seniman batik tidak perlu menggambar berbagai jenis motif. Teknik batik cap ini dilakukan pada umumnya oleh para kaum pria. Para pembuat batik cap ini dilakukan dengan menekan alat cap tersebut pada permukaan kain sehingga malam yang ada pada permukaan cap akan pindah pada permukaan kain. Teknik batik cap ini memotong proses menggambar motif batik yang pada umumnya memerlukan waktu cukup lama, tergantung dari rumit tidaknya motif batik tersebut.

Dengan adanya teknik batik cap proses pembuatan motif batik relatif cukup cepat sehingga untuk membuat selembar kain batik cap tersebut tidak memerlukan waktu yang lama dan terkadang dapat diselesaikan dalam waktu satu hari. Proses yang cepat ini membuat batik cap menjadi pilihan bagi para pembuat batik untuk dapat membuat batik yang berkualitas dengan waktu yang cepat dan juga dapat dijual dengan harga yang relatif lebih murah.

Source Keunggulan Batik Cap Batik
Comments
Loading...