Ketika Tenun, Batik, dan Mutiara Jadi Satu Karya Indah

0 162

Ketika Tenun, Batik, dan Mutiara Jadi Satu Karya Indah

Berbagai kain nusantara dan kerajinan lokal tentu lebih bernilai dari banyaknya produk impor yang membanjiri dalam negeri. Salah satunya, batik, tenun, dan mutiara. Batik sudah menjadi warisan dunia dan diakui oleh organisasi dunia UNESCO. Sedangkan tenun meski ada di beberapa negara, namun tenun Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Lombok juga menjadi pusat penghasil mutiara yang indah.

Tenun, mutiara, dan batik akan dikolaborasikan dalam satu wadah pameran Wasiat Agung Negeri Nusantara (Warisan) yang akan digelar pada 23-26 November 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Dengan tema Citra Bahtera Nusantara, ajang ini bertujuan untuk memberi apresiasi pada perajin batik, tenun, dan mutiara.

“Tentu banyak kain nusantara salah satunya batik. Menghargai karya perajin dengan menggunakan batik tulis asli bukan printing atau cetakan, cetakan sama saja dengan memakai spanduk. Apa bedanya,” tukas Kurator Batik Dudung Alie Syahbana. Pameran akan menampilkan 126 stand dengan produk batik, tenun, dan mutiara berkelas dan otentik. Batik yang akan ditampilkan hanya batik dengan penggunaan malam panas 100 persen dengan aplikasi batik tulis, batik cap, atau batik kombinasi.

Begitu pula mutiara air laut yang ditampilkan nanti adalah mutiara asli dan tersertifikasi. Selain menjadi ajang apresiasi, tentu setiap pameran bisa menjadi sarana bagi ajang promosi bagi para perajin. Pameran akan diramaikan dengan beberapa talkshow yang akan mengulas produk batik, tenun, dan mutiara bersama perajin. Serta aneka pertunjukan musik tradisional dan games dan berbagai hadiah menarik.

Source Ketika Tenun, Batik, dan Mutiara Jadi Satu Karya Indah Batik
Comments
Loading...