Ketika Sisi Magis Batik Tulis Tradisional Membuat Kita Semakin Jatuh Hati

0 136

Ketika Sisi Magis Batik Tulis Tradisional Membuat Kita Semakin Jatuh Hati

Batik tulis tradisional dikenal memiliki sentuhan seni yang indah ketka dilihat dari sudut pandang seni lukis. Tetapi selain itu, ternyata ada lebih dai sekedar seni yang membuatnya menjadi lebih memiliki kharisma yang membuat kita semakin mengagumi budaya Indonesia ini. Dan ketika sisi magis batik tulis tradisional membuat kita jatuh hati, maka rindu juga akan semakin menggebu.

Kebudayaan yang berasal dari tanah Jawa selalu memiliki sisi magis di dalamnya, entah itu hanya mitos ataupun kenyataan. Namun sebenarnya selain sisi magis itu, dalam setiap budaya dan hasil budaya di dalamnya akan selalu mengajarkan kita tentang nilai, norma, dan pelajaran kehidupan yang sebenarnya.

Kita lepaskan dulu dari hubungannya dengan agama dan kepercayaan, tetapi lihat dari sisi kehidupan manusia di dunia, tentang sebuah perjalanan hidup yang memiliki cerita, dan bercerita tentang kehidupan itu sendiri.

Batik tulis sebagai salah satu hasil cipta, rasa dan karsa manusia hanya sebah perantara bagaimana sisi magis itu bekerja, dan darimana kita harus melihat dari sudut pandang yang mana. Karena bahkan para pembatik selalu menyisipkan doa di setiap pembuatan batik tulis tersebut.

Doa yang dalam setiap tiupan cantingnya mengucapkan “Bismillahhirrahmannirrahim” (karena para pembatik tradisional kebanyakan memeluk agama Islam) sebagai doa agar kemanapun batik tulis yang mereka buat akan berlabuh, semoga membawa kebaikan dan keselamatan bagi para pemakainya.

Doa tersebut bukan untuk menjadikan batik tulis seebagai sesuatu yang menjadi pengganti Tuhan, tetapi lebih ke bagaimana batik tulis tersebut sebagai pengingat akan adanya kekuasaan Tuhan atas segala sesuatu.

Mungkin sebagian besar hanya melihat batik tulis yang sudah jadi, yang kita tinggal memakainya untuk berbagai acara resmi. Tetapi di setiap pembuatannya, akan selalu ada doa yang mengiringi batik tulis ini bahkan sejak proses pencantingan.

Terkadang, ada kidung-kidung Jawa tentang bagaimana para pembatik menanamkan sebuah image kasih sayang kepada setiap makhuk ciptaan Tuhan lewat batik tulis ini. Atau cerita-cerita tentang kehidupan yang nantinya akan dilalui setiap manusia di muka bumi ini.

Belum lagi sisi magis dari bagaimana para pemakai batik yang mayoritas berada pada lingkup keraton yang masih mempercayakan batik tulis sebagai busana yang memiliki kedudukan yang tinggi dalam kehidupannya.

Bagaimana dari batik mereka mampu mengajarkan nilai-nilai kesopanan, nilai kepercayaan dan saling menghormati untuk menunjukkan batik tulis begitu memiliki kedalaman isi dan filosofi. Dengan batik mereka melestarikan apa yang namanya adat budaya Indonesia, dan betapa mengagumkannya tradisi batik tersebut.

Sisi magis bukan pula sebuah sisi dimana ada mitos dan ada kepercayaan tentang makhluk gaib yang menghuninya, tetapi sebuah sisi dimana kita diajarkan melihat lebih luas kekuasaan Tuhan atas kehidupan kita lewat goresan-goresan ukel para pencanting, lewat doa yang mereka titipkan lewat batik tulis.

Dan dari doa para pencanting yang berpuasa, yang bertirakat, yang mendekatkan diri kepada Tuhan inilah yang menjadikan doa-doa untuk para pemakai batik tulis tradisional menjadi lebih adem, lebih memiliki sense of humanity dan aura kebaikan yang bisa mereka lihat dan rasakan.

Selain itu, hanya dari sebuah doa batik tulis tradisional dibuat, untuk meneruskan cerita indah tentang batik tulis yang menjadi saksi bahwa kebudayaan batik ini pernah ada dan menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia, bumi tempat batik dilahirkan dan dilestarikan.

Source http://indonesianbatik.id http://indonesianbatik.id/2018/11/12/ketika-sisi-magis-batik-tulis-tradisional-membuat-kita-semakin-jatuh-hati/
Comments
Loading...