Ketangguhan Batik Laweyan sejak Dulu Kala

0 27

Ketangguhan Batik Laweyan sejak Dulu Kala

SEJAK ratusan tahun lalu, hingga kini, produksi kain batik laweyan terbukti telah memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di salah satu Kecamatan Laweyan di Solo, Jawa Tengah. Meskipun pernah terpuruk, pengusahanya yang ikut andil mengantarkan kemerdekaan Indonesia, pada akhirnya bangkit. Reza Murad Ali berulang kali meraba beberapa kain batik yang dipajangnya di ruang pamer Batik Puspa Hadi di Jalan Sidoluhur, Nomor 75, Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Senyuman Manajer Marketing Mydin, salah satu hypermarket raksasa di Malaysia, itu, mengembang saat melihat dan meraba daster motif bunga merah kuning dengan warna dasar kain biru langit. ”Saya yakin, batik ini akan mendapatkan hati pelanggannya,” katanya.

Reza mengakui, batik laweyan tak pernah mengecewakan. Sejak 8-10 tahun terakhir, ia selalu datang ke Laweyan saat membutuhkan baju batik. Lewat jaringan Mydin, ribuan helai baju batik laweyan ludes terjual setiap tahunnya. ”Baju atau daster batik laweyan digemari karena kainnya halus dan motifnya beragam,” tambahnya. Pemilik Batik Puspa Hadi, Achmad Sulaeman, mengatakan, konsumen Malaysia adalah pasar potensial batik laweyan. Keberhasilan menembus Malaysia menjadi salah satu penopang bangkitnya kembali usaha batik laweyan. Negara Bagian Langkawi dipilih sebagai pasar utama karena membebaskan biaya cukai. Perajin batik di Trengganu dan Kelantan juga diajak bekerja sama untuk mengembangkannya.

Menurut Achmad, tidak kurang 1.200 potong produk baju atau daster batik laweyan dikirim setiap bulannya. Mayoritas dibuat dengan teknik smok, menggunakan canting dan kuas. ”Tak hanya Malaysia, konsumen Brunei dan Filipina juga menikmati batik laweyan. Ada juga juragan batik yang membuka pasar ke Amerika Serikat. Semoga ini menjadi semangat untuk mengembalikan kejayaan batik laweyan tempo dulu,” ujar keturunan generasi kelima keluarga batik laweyan.

Source https://travel.kompas.com/ https://travel.kompas.com/read/2013/10/01/1824408/Ketangguhan.Batik.Laweyan.sejak.Dulu.Kala
Comments
Loading...