Kesenian Batik Sumenep

0 155

Kesenian Batik Sumenep

Salah satu seni budaya yang sangat di banggakan oleh masyarakat Sumenep adalah Batik Tulis Sumenep. Seni membuat batik tulis di daerah ini telah ada sejak waktu yang cukup lama. Seni batik di daerah Sumenep memiliki umur yang cukup lama dan sama dengan seni membuat batik yang ada di kota batik besar lainnya seperti Kota Yogyakarta, Solo, Pekalongan dan kota lainnya yang terkenal dengan seni dan motif batik yang dibuat oleh masyarakatnya.

Batik yang dibuat oleh masyarakat Madura tumbuh dan berkembang bersama waktunya dengan perkembangan Kerajaan Sumenep yang berdiri pada sekitar abad ke tujuh belas sampai akhir abad ke delapan belas masehi. Kerajaan Semenep mengakhiri kekuasaannya pada tahun sekitar 1926 sampai 1929. Raja yang berkuasa pada masa itu dan merupakan raja terakhir yang berkuasa adalah Ario Prabuwinoko. Pemerintahan yang selanjutnya di daerah ini dilanjutkan oleh seorang bupati. Seni batik tulis pada masa perpindahan kekuasaan tersebut tidak mengalami gangguan dan terus berkembang dengan baik. Tetapi seni batik di daerah ini pernah mengalami hambatan dan berhenti berproduksi pada rentang waktu tahun 1960 sampai 1965.

Kejadian ini disebabkan adanya kemunduran dalam bidang ekonomi yang terjadi pada negara dan membawa pengaruh dalam banyak bidang. Seni membuat batik di daerah ini mulai kembali muncul dan berkembang di tahun 1970. Pada waktu itu seni pembuatan batik dimulai oleh seorang warga Sumenep yang sangat peduli dengan kesenian ini mulai kembali meneruskan dan menghidupkan usaha keluarga mereka. Hal ini berlanjut terus dan kemudian usaha Batik Tulis Sumenep mulai berkembang dan maju hingga saat ini

Source Kesenian Batik Sumenep Batik
Comments
Loading...