Kesenian Batik Kota Batang

0 259

Kesenian Batik Kota Batang

Kota Batang merupakan sebuah daerah yang memiliki keindahan seni batik yang memiliki perbedaan dengan berbagai macam motif batik lainnya yang ada di Indonesia. Motif batik yang dibuat dari kota ini menjadi berbeda dengan motif batik lainnya karena motif batik ini mengangkat berbagai macam nilai seni budaya dari masyarakat daerah ini sehingga menjadi seni motif batik. Daerah ini memiliki kebudayaan yang cukup banyak mendapatkan pengaruh yang diperoleh dari hasil datangnya para pedagang asing dan juga adanya pengaruh dari agama Islam yang cukup kuat yang pada akhirnya membentuk kebudayaan masyarakat Jawa yang cukup khas yang dikenal dengan kebudayaan pesisir.

Para pedagang asing yang datang tidak saja untuk berdagang tetapi secara tidak langsung memperlihatkan seni budaya mereka pada penduduk lokal pada akhirnya telah membawa pengaruh yang cukup kuat dalam seni pembuatan batik. Berbagai macam motif batik yang dibuat oleh masyarakat daerah ini banyak yang mendapatkan pengaruh dari budaya masyarakat Batang sehingga motif dan warna Batik Batang menjadi sangat beragam dan juga memiliki banyak jenis.

Masyarakat Batang dalam perjalanannya telah mendapatkan pengaruh yang kuat dari kebudayaan agama Islam sehingga sampai saat ini mayoritas penduduk kota ini adalah penduduk yang memeluk agama Islam. Pengaruh ini juga terlihat dalam berbagai motif batik yang dibuat oleh para seniman nya yang dapat dilihat dalam Motif Batik Rifa’iyahan. Nama motif batik ini adalah berasal dari suatu komunitas masyarakat Islam yang melakukan pembelajaran agama Islam di daerah ini. Komunitas ini juga melakukan kegiatan membuat baju batik sebagai bentuk menjaga tradisi budaya batik yang telah diwariskan oleh nenek moyang mereka.

Source Kesenian Batik Kota Batang Batik
Comments
Loading...