Kesenian Batik Jepara

0 198

Kesenian Batik Jepara

Seni batik kembali digalakkan di wilayah Jepara. Salah satu pelatihan yang memberikan pelajaran mengenai seni batik adalah sanggar kegiatan belajar Jepara. Pusat pelatihan ini, telah memberikan pelatihan membuat batik kepada sekitar 90 orang ibu rumah tangga yang ada di wilayah kecamatan Batealit. Saat ini terdapat sekitar 90 ibu rumah tangga yang sangat giat membuat dan mempelajari teknik batik di tempat tersebut yang dibagi menjadi tiga angkatan.

Pelatihan yang dilakukan mendatangkan para seniman batik ahli yang salah satunya adalah Suyanti Jatmiko yang juga merupakan ketua dari Paguyuban batik biyung pralodho Jepara. Pemberian pelatihan membuat batik ini memiliki tujuan agar nantinya para ibu rumah tangga ini dapat menjadi lebih memiliki daya dan dapat menjadi mandiri selain itu memiliki ilmu batik yang dapat mereka pergunakan untuk menambah pendapatan keluarga. Sanggar kegiatan belajar ini selain memberikan pelatihan membuat batik, para peserta nya juga akan mendapatkan pendampingan dan fasilitas untuk dapat mengembangkan ilmu membuat batik yang telah mereka peroleh.

Pemasaran produk batik dan juga kain batik yang dihasilkan, bantuan untuk memiliki izin usaha dan pendampingan dalam mempelajari seni batik. Panitia nanti akan memilih 25 orang yang terbaik untuk diberikan pendampingan sehingga dapat membuat batik dengan lebih baik lagi. Pembuatan batik yang diajarkan dalam sanggar ini adalah teknik membuat batik cap. Pemilihan teknik ini dilakukan karena sebagian besar peserta merupakan orang yang sangat awam terhadap seni batik. Sehingga diharapkan dengan memberikan ilmu mengenai batik cap, maka ilmu membuat batik ini menjadi lebih gampang untuk diserap dan juga diterapkan nantinya setelah mereka lulus dari sanggar dan pelatihan batik ini.

Pelajaran yang diberikan dalam sanggar ini meliputi segala hal dalam teknik batik cap, mulai dari tahap awal hingga akhir. Sehingga diharapkan setelah selesai menjalani pelatihan ini, para ibu dapat membuat kain batik cap secara mandiri di rumah mereka. Dengan adanya pelatihan ini, para seniman batik Jepara juga mengharapkan nantinya akan tersebut sebuah pusat pembuatan Batik Jepara di daerah Kecamatan Batelait. Saat ini di daerah Jepara telah terdapat paling tidak 12 pusat pembuatan batik.

Source Kesenian Batik Jepara Batik
Comments
Loading...