Kesenian Batik Banten

0 382

Kesenian Batik Banten

Seni batik di daerah Banten sebenarnya telah ada sejak lama dan merupakan sebuah seni yang diwariskan dari kerajaan Banten. Motif batik Banten telah lama ada dan diperkirakan seni pembuatan batik di wilayah ini telah ada sejak abad ke tujuh belas dimana pada masa itu ada sebuah produk yang dikenal dengan nama selimut batik atau biasa juga disebut simbut. Tradisi pembuatan selimut batik ini telah berhenti sejak berakhirnya pemerintahan kerajaan Banten. Setelah lama berhenti, seni batik di wilayah ini kembali muncul dan berkembang di tahun 2000. Pembuatan batik Banten ini kembali dikembangkan setelah adanya penemuan mengenai berbagai macam peninggalan yang berasal dari kerajaan Banten.

Saat sang arkeolog ingin memperkenalkan berbagai macam bentuk ragam hias yang ditemukannya pada berbagai macam situs peninggalan dari kerajaan Banten tersebut. Berdasarkan penelitian tersebut, sang peneliti berhasil menemukan kurang lebih tujuh puluh lima macam jenis ragam hias. Setelah melalui berbagai macam hal, akhirnya untuk dapat membuat ragam hias dari peninggalan kota Banten ini lebih dikenal secara luas dan juga dapat dilestarikan, para seniman batik dari kota ini membuat berbagai macam motif baju batik yang berasal dari bentuk ragam hias yang ditemukan di berbagai tempat peninggalan sejarah tersebut.

Motif Batik yang khas dari Banten ini merupakan bentuk yang berasal dari ragam hias pada zaman kerajaan Banten. Para seniman batik di Kota Banten telah berhasil membuat sebanyak 50 jenis ragam hias batik dari bentuk peninggalan tersebut dan saat ini dua belas diantara Motif Batik tersebut telah berhasil mendapat pengakuan akan hak paten nya pada tahun 2003. Seni batik di daerah Banten ini menggunakan warna yang meriah dan juga merupakan warna yang menggabungkan berbagai warna pastel yang memiliki kesan ceria dan sekaligus menimbulkan kesan yang lembut. Warna ini menjadi sangat pas untuk memperlihatkan karakter yang dimiliki oleh para penduduk di kota banten ini yang memang memiliki karakter yang ekpresif namun sekaligus juga rendah hati.

Source Kesenian Batik Banten Batik
Comments
Loading...