Keraton dan Puro Pakualaman Yogyakarta Pamerkan Batik

0 138

Keraton dan Puro Pakualaman Yogyakarta Pamerkan 80 Koleksi Batik

Dua kerajaan yang berada di wilayah DIY, Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat dan Puro Pakualaman memamerkan koleksi batik terbaik mereka dalam rangka Peringatan Hari Kartini. Total ada 80 koleksi batik yang dipamerkan dalam acara yang diselenggarakan Sabtu sampai Minggu tanggal 26 April 2014 s/d 27 April 2014.

Acara Pameran Batik tersebut merupakan buah kerjasama Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat, Puro Pakualaman, dan Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad. Selain pameran batik diadakan pula bazar, dan lomba mewarnai batik untuk tingkat TK, SD, SMP, hingga ibu-ibu.

Perwakilan Puro Pakualaman yang juga pengurus PPBI Sekar Jagad, BRAy Atika Suryodilogo mengatakan, dalam acara tersebut setidaknya dipamerkan 80 koleksi batik. Masing-masing sekitar 50 koleksi dari Keraton Ngayogyokarto Hadinigrat dan sekitar 30 koleksi dari Puro Pakualaman. Ia menjelaskan, sejumlah batik yang dipamerkan Puro Pakualaman adalah koleksi baru. Atika sendiri turut menyumbang sejumlah kain batik yang motifnya ia rancang sendiri, untuk dipamerkan.

Motif batik yang ia buat inspirasinya bersumber dari sejumlah serat-serat milik Puro Pakualaman. “Misalnya astabrata alias delapan sifat kepemimpinan dari para Bathara. Saya buat berdasarkan Astabrata ‘versi’ Puro Pakualaman,” kata menantu Sri Paku Alam IX itu.

Source http://www.tribunnews.com/ http://www.tribunnews.com/regional/2014/04/26/keraton-dan-puro-pakualaman-yogyakarta-pamerkan-80-koleksi-batik
Comments
Loading...