Kerajinan Batik Wonosobo Potensial Dikembangkan

0 172

Kerajinan Batik Wonosobo Potensial Dikembangkan

Produk kerajinan Batik Wonosobo sangat memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Selain corak motifnya yang khas, saat ini terdapat puluhan klaster batik baru di sejumlah wilayah di Wonosobo mulai bermunculan. Namun, potensi tersebut belum terwadahi, sehingga akses pemasaran produk belum berjalan optimal. ”Kami berupaya mewadahi hasil produksi klaster batik di sejumlah wilayah di Wonosobo,” ungkap Pemilik House of Batik I&I Wonosobo, dokter Lilis Handayani, kemarin. Dukungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk mendorong berkembangnya sektor kerajinan batik juga sangat bagus.

Terbukti dengan adanya peraturan mengenai kewajiban penggunaan seragam batik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun pejabat hingga lingkup pemerintah desa pada hari Kamis. Dukungan pemerintah sudah bagus, namun ini juga belum digarap serius, sehingga produk batik yang dikenakan pegawai malah bukan yang khas Wonosobo. Hal itu, sangat disayangkan sekali, karena potensi pasar yang begitu besar malah disia-siakan. Kondisi ini, tidak lain karena minimnya tempat atau wadah yang mengakomodasi hasil kerajinan yang dilakukan perajin batik tersebut.

Saat ini sudah ada sekitar 20-an klaster batik baru mulai berjalan, namun mereka belum terwadahi secara optimal. Dengan melalui House of Batik I&I Wonosobo ini hasil kerajinan batik mereka bisa tertampung dan lebih berkembang. Pihaknya juga mengaku siap menggandeng Pemerintah Kabupaten Wonosobo guna melakukan pengadaan seragam batik bagi para pegawai, tentunya batik yang merupakan hasil kreativitas perajin Wonosobo serta memiliki corak motif yang benar-benar menjadi ikon Wonosobo.

Source http://www.suaramerdeka.com/smcetak http://www.suaramerdeka.com/smcetak/detail/1046/Kerajinan-Batik-Wonosobo-Potensial-Dikembangkan
Comments
Loading...