Kerajinan Batik Sendangagung

0 125

Kerajinan Batik Sendangagung

Mayoritas masyarakat yang tinggal di daerah Desa Sendangagung memiliki seni kerajinan batik yang dilakukan dengan cara tradisional dan juga dilukis dengan menggunakan alat canting dan juga bahan malam serta memakai zat warna. Motif batik yang berasal daerah ini menggunakan berbagai macam bentuk gambar yang merupakan motif batik yang telah menjadi warisan budaya dari para leluhur masyarakat desa ini. Motif batik yang mereka buat telah mereka pelajari secara turun temurun. Seni batik di daerah ini telah ada sejak waktu yang cukup lama dan diperkirakan muncul pada masa Dewi Tilarsih yang merupakan seorang istri dari Raden Noer Rochmat atau yang juga dikenal sebagai Sunan Sendang pada masa sekitar abad lima belas masehi. Istri beliau yang bernama Dewi Tilarsih ini menurut sejarah yang ada merupakan seorang tokoh yang pertama kali memperkenalkan seni batik yang berasal dari wilayah asal beliau.

Sekarang ini seni batik di Desa Sendangagung masih ada dan terus berkembang di tangan para seniman batik yang ada di daerah ini. Para masa zaman dahulu seni dan juga industri batik merupakan sebuah kegiatan utama yang dilakukan oleh para masyarakat desa ini terutama kaum perempuan. Seni batik ini kemudian diturunkan secara turun temurun dari ibu ke anak perempuan mereka. Namun pada masa saat ini seni membuat batik tidak lagi menjadi pekerjaan utama para perempuan di desa ini dan telah merambah menjadi pekerjaan yang juga dilakukan oleh kaum pria. Dengan ikutnya para kaum pria dalam pekerjaan membuat batik ini maka di desa ini seni membuat batik tidak lagi menjadi monopoli kaum perempuan.

Seni batik yang dibuat oleh seniman batik dari desa ini pada umumnya memiliki detail motif batik yang cukup rumit dan menyebabkan untuk dapat membuat motif batik yang baik seniman batik di desa ini dituntut untuk memiliki sikap telaten, sabar dan juga tekun dan juga memiliki emosi yang stabil. Para seniman batik di daerah ini masih menggunakan canting untuk melukiskan malam pada permukaan kain batik. Motif batik yang dipakai masih memperlihatkan bentuk alam dan lingkungan sekitar dari daerah ini. Beberapa bentuk motif tradisional masih dipertahankan oleh para seniman batik di daerah ini. Motif utama batik yang dipakai oleh seniman di daerah ini menggunakan bentuk flora dan juga bentuk binatang.

Source Kerajinan Batik Sendangagung Batik
Comments
Loading...