Kenalkan Batik dengan Mendaki 7 Gunung dalam 7 Hari

0 78

Kenalkan Batik dengan Mendaki 7 Gunung dalam 7 Hari

Dua mahasiswa asal Politkenik Pusmanu, menjalankan misi untuk mendaki tujuh gunung di Jawa Tengah dalam waktu tujuh hari. Dalam misi yang berat ini, yang menarik mahasiswa membawa misi kebudayaan, yakni untuk lebih mengenalkan batik dengan membawa tema ‘Pesona Batik di Atas Awan’. Keduanya yakni Sultan Abdul Hamid, mahasiswa prodi batik dan Siswanto mahasiswa prodi administrasi perkantoran, dilepas pada Jumat (31/8) dan ditargetkan menyelesaikan misi tersebut hingga Jumat (7/9) mendatang.

Setiap mencapai puncak gunung yang didaki, yaitu Gunung Lawu, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau dan Gunung Slamet, keduanya akan mengibarkan tujuh motif batik yang berbeda. Hal itu merupakan bagian dari upaya turut mengenalkan ciri khas Kota Pekalongan sebagai kota batik.

Kegiatan tersebut, merupakan program kerja dari unit kegiatan mahasiswa Mapala Batik Adventure Politeknik Pusmanu yakni Batik of Seven Summit in Central Java. Tak cukup mengibarkan bendera motif batik, dalam kegiatan pendakian keduanya juga akan selalu mengenakan busana batik untuk menunjukkan batik cocok digunakan dalam segala kegiatan. Hingga hari ketiga, Senin (3/9), keduanya sudah mendaki tiga gunung yakni Gunung Lawu pada hari pertama, Gunung Ungaran pada hari kedua dan Gunung Merbabu pada hari ketiga.

Di setiap puncak gunung yang didaki, keduanya mengibarkan bendera Indonesia, bendera Mapala Batik Adventure dan motif batik. Dalam empat hari kedepan, keduanya mengejar target untuk menyelesaikan pendakian empat gunung lainnya yakni Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau dan Gunung Slamet. Salah satu peserta, Siswanto yang ditemui saat pelepasan mengatakan bahwa untuk melaksanakan kegiatan tersebut ia sudah mempersiapkan diri selama tiga bulan terakhir baik dari segi fisik, teori, mental dan kesehatan.

“Kegiatan ini sekaligus untuk mengenalkan batik yang merupakan ciri khas Kota Pekalongan dan pantas digunakan dalam kegiatan apapun,” tutur mahasiswa semester III tersebut. Sementara itu, Perwakilan Civitas Akademika Politeknik Pusmanu yang juga pembina UKM Mapala Batik Adventure, Ary Dwi Anjarini, berpesan kepada dua mahasiswanya untuk tetap menjaga keselamatan dan nama baik Politeknik Pusmanu. “Kami berharap agar apa yang menjadi target dari kegiatan Batik of Seven Summit in Central Java bisa tercapai, yakni mengenalkan batik di kancah nasional maupun internasional,” harapnya.

Source https://radarpekalongan.co.id/ https://radarpekalongan.co.id/44363/luar-biasa-kenalkan-batik-dengan-mendaki-7-gunung-dalam-7-hari/
Comments
Loading...