Kenalkan Batik Ciwaringin Melalui Gelar Pameran

0 179

Kenalkan Batik Ciwaringin Melalui Gelar Pameran

Produsen Batik tulis pewarna alami binaan CSR Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan ChAIN Universitas Gajah Mada, gelar pameran produk berbagai macam Motif Batik khas Ciwaringin di Umah Kebon, Metland, Hotel Cirebon. Pameran ini menampilkan beragam motif batik, di antaranya Motif Sapu Jagat, Liris, Lasem, Ganefo, Godong Rontongan, Dlorongan, Pring Sedapur, Tebu Sekeret, Merak-Merakan, Kupu-Kupu dan Pecutan. Desain motif yang bagus, harganya bervariatif mulai dari Rp. 350.000 sampai dengan Rp. 600.000.

Batik dibuat dari bahan pewarna alami yakni serbuk gama indigo ND, Ekstrak timgi, ekstrak tegeran, ekstrak jelawe, ekstrak merbau, semua bahan-bahan alami yang dibuat dan difasilitasi ChAIN Universitas Gajah Mada untuk dipelajari dan dipakai sebagai bahan pewarna alami oleh para pengrajin batik.

Dr. Ir. Edia Rahayuningsih MS selaku pendamping dari Universitas Gajah Mada (UGM), pihaknya sudah melakukan pendampingan telah memasuki tahun ke dua, dengan memiliki jumlah pengrajin 40 orang, dalam binaan yang diberikan bertujuan membangun tiga hal yakni kesehatan, kebersamaan dan kesejahteraan yang meningkat. Tujuan gelar produk ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa Ciwaringin juga memiliki batik dengan ciri khasnya menggunakan bahan yang alami, tujuannya memberi trend yang beda dengan batik lainnya.

Keunggulan dengan menggunakan pewarna alami, tujuannya ketika orang-orang menginginkan batik tulis pewarna alami maka datanglah ke Batik Ciwaringin, menjadi ciri khas Batik Ciwaringin, kami membuat desainya di setiap batik ada pecutannya atau ukiran, sehingga orang mengetahui jika itu Batik Ciwaringin karena ada pecutannya.

Source Kenalkan Batik Ciwaringin Melalui Gelar Pameran Batik
Comments
Loading...