Kenalkan Batik Banyuwangi Lewat Fashion

0 71

Kenalkan Batik Banyuwangi Lewat Fashion

Tidak banyak orang yang mengetahui tentang Batik Banyuwangi. Mungkin banyak yang baru mengetahui jika Banyuwangi juga memiliki batik khas sendiri. Namun saat wisata Banyuwangi mulai bergeliat, industri batik di Banyuwangi mulai unjuk gigi. Para pengusaha batik pun bermunculan memamerkan eksistensinya. Galeri batik yang memberikan kesan nyaman. Kain-kain batik berwarna menyala menghiasi dinding galeri. Ditambah dengan sofa yang nyaman dan kafe sederhana yang menyediakan berbagai jenis minuman kopi, membuat kesan bahwa galeri tersebut lebih seperti ruang tamu daripada galeri yang memamerkan batik. Namun pemilik galeri batik di Banyuwangi tersebut tidak dapat ditemui, dan beliau meminta agar ditemui di rumah produksinya.

Rumah produksinya pun memberi kesan sederhana, dengan beberapa mesin jahit. Namanya adalah Miftahur Ridho yang merupakan salah seorang pengusaha batik yang telah membuka galeri fashion Batik Banyuwangi. Selain menjual kain batik dan baju-baju batik yang telah jadi, Ridho menerima pesanan barang-barang jahitan berbahan dasar Batik Banyuwangi seperti tas, dompet, dan semacamnya. Dia juga mampu mendesainkan pakaian apapun sesuai dengan permintaan customer, mulai dari pakaian casual, resmi, hingga gaun pernikahan.

Usahanya yang dijalanin baru dua tahun, dan Ridho memulai usahanya untuk mengikuti passion seni yang diturunkan dari kakeknya yang juga seorang seniman Banyuwangi. Ridho mengaku memiliki kapasitas untuk melihat desain pakaian seperti apa yang pantas dikenakan oleh seseorang. Ridho memilih Batik Banyuwangi karena dia ingin mengenalkan batik dari daerahnya kepada masyarakat luas. Disamping tentunya juga karena keragaman motif dan keindahan batik Banyuwangi sendiri. “Batik Banyuwangi itu khas mas. Tema dasarnya selalu alam. Dan karena pengaruh dari budaya Madura juga Bali, kita bisa menemukan motif-motif batik Banyuwangi yang berwarna warni dan cerah,” jelasnya.

Ridho juga menjelaskan bahwa hingga saat ini batik Banyuwangi memiliki 49 motif baik klasik maupun kontemporer, dan tiap motif batik memiliki filosofinya sendiri. Ridho memberi contoh salah satu motif batik Banyuwangi yang paling populer di masyarakat, yaitu motif Gajah Uling. Walaupun baru berjalan selama dua tahun, Ridho dapat memperoleh omset Rp. 10 juta hingga Rp. 20 juta dari usaha batiknya. Dengan semakin gencarnya pemerintah mempromosikan wisata Banyuwangi, prospek industri batik Banyuwangi diperkirakan bakal lebih berkembang lagi di masa depan. Hal inilah yang membuat Ridho optimis untuk membuka dua galeri lagi di tempat yang berbeda.

Source https://www.goodnewsfromindonesia.id/about https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/05/11/pemuda-ini-kenalkan-batik-banyuwangi-lewat-fashion
Comments
Loading...