Kembangkan Batik Diwo

0 101

Kembangkan Batik Diwo

Kabupaten Kepahiang sebenarnya sudah memiliki batik khas sendiri, namanya Batik Diwo. Namun sayang saat ini belum ada pengrajin yang mengembangkan batik tersebut sehingga terkesan tidak ada kemajuan. Karena itu, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kepahiang berencana mulai mengembangkannya.

Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Kepahiang, Yurnalis, SE mengatakan rencananya pada 12 April 2018 sebanyak 70 orang pengrajin dan masyarakat Kepahiang akan dikirim ke Balai Diklat Industri Padang, Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengikuti pelatihan Batik Diwo. Hal ini bertujuan agar para pengrajin ini nanti dapat mengembangkan Batik Diwo yang merupakan khas Kabupaten Kepahiang.

Menurut Yurnalis, pengembangan tersebut penting karena harapannya nanti Batik Diwo menjadi salah satu identitas Kepahiang. “Kepahiang punya batik khas sendiri, yakni Batik Diwo yang nanti akan dikembangkan. Sasaran kita jika sudah pelatihan akan dijadikan pakaian seragam batik di Kepahiang ini,” katanya.

Ditambahkannya, apabila nanti ada batik sendiri yang juga diproduksi sendiri oleh masyarakat maka akan bisa dijadikan sebagai bentuk oleh-oleh seperti di daerah-daerah lain. “Dari beberapa yang ikut memang sebagian sudah pernah ikut pelatihan. Namun selama ini memang sudah lama tidak diberdayakan. Maka nanti harapan kita nanti ada pengrajin sendiri khusus Batik Diwo ini,” pungkasnya

Comments
Loading...