Kelompok Pembatik Kota Lhokseumawe Kembangkan Batik Bermotif Aceh

0 73

Kelompok Pembatik Kota Lhokseumawe Kembangkan Batik Bermotif Aceh

Kelompok perempuan pembatik di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, kini tengah mengembangkan batik bermotif Aceh. Para wanita itu tergabung dalam kelompok pemberdayaan perempuan Gampong Meunasah Mesjid, Kecamatan Muara Dua, Kabupaten Lhokseumawe. Pengembangan batik bermotif Aceh tersebut ditandai dengan peresmian pencanangan program ketrampilan membatik di Gampong Meunasah Mesjid, Kecamatana Muara Dua, oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Lhokseumawe Cut Ernita Suaidi dan Waki Walikota Lhokseumawe Yusuf Muhammad, Rabu.

Wakil Walikota Lhokseumawe mengatakan, bahwa pengembangan batik dengan motif Aceh, seperti motif Pintoe Aceh, Pucuk Rebung dan lain sebagainya, patut dikembangkan dan dijadikan sebagai salah satu kreatifitas seni yang dapat menjadi sebuh industri kreatif. Pada kesempatan itu juga, Wakil Wali Walikota Lhokseumawe mengharapkan, dengan adanya pencanangan pelatihan batik motif Aceh tersebut diharapkan dapat menjadi mendorong warga desa-desa lainnya di Kota Lhokseumawe untuk lebih kreatif dalam mengembangkan potensi ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Geuchik (kepala desa) Gampong Meunasah Mesjid Rusli AB menambahkan, kelak diharapkan produksi batik motif Aceh, dapat menjadi andalan kegiatan industri kreatif masyarakat setempat. Akan tetapi, pihaknya sangat mengharapkan kepada pemerintah dan berbagai pihak lainnya, agar dapat membantu di bidang pemasaran. Produksi batik yang dhiasi motif Aceh diharapkan memiliki nilai lebih terhadap perekonomian masyarakat, karena selama ini, pada umumnya masyarakat menjadi konsumen produk batik dari luar daera, jelas Geuchik Rusli AB.

Sementara itu, bersamaan dengan pencanangan program ketrampilan membatik tersebut, juga dilakukan perlombaan cipta menu Beragam Bergizi Seimbang Dan Aman (B2SA) berbasis pangan alternatif antar dusun Gampong Mns. Mesjid Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

Source https://inakoran.com/ https://inakoran.com/kelompok-pembatik-kota-lhokseumawe-kembangkan-batik-bermotif-aceh/p4610
Comments
Loading...