Kelompok Daerah Batik Bantul

0 247

Kelompok Daerah Batik Bantul

Daerah Bantul memiliki beberapa lokasi yang telah dikenal secara luas sebagai penghasil batik dengan motif yang khas Bantul. Setiap daerah umumnya dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian tertentu berdasarkan bentuk Motif Batik yang menjadi motif khas yang dihasilkan oleh daerah tersebut. Daerah penghasil batik tersebut dapat di kategori kan ke dalam beberapa daerah. Daerah yang pertama adalah daerah yang menghasilkan batik dengan pola batik yang asli Keraton. Para pembuat batik yang ada di daerah ini pada merupakan para pembatik yang dalam membuat batik yang mereka hasilkan mengikuti dan mempelajari keterampilan membuat batik putri dan para abdi dalem yang ada di keraton.

Pembatik yang berada di daerah ini membuat berbagai macam modifikasi dari Motif Batik Keraton tersebut sehingga menjadi ciri tersendiri untuk batik buatan mereka. Seiring dengan perkembangan perdagangan, batik di daerah ini juga mendapatkan pengaruh dari daerah lain untuk berbagai macam motif yang mereka buat. Daerah Bantul yang masuk dalam kategori ini adalah Desa Wukirsari, kemudian dapat juga kita temui di Desa Girirejo dan Giriloyo di daerah Wonogiri. Kedua dalam daerah pembuat Motif Batik Bantul adalah daerah yang menghasilkan batik dengan Motif Batik Kidulan.

Motif Batik ini mendapatkan namanya karena Motif Batik yang dihasilkan adalah motif batik yang menjadi ciri daerah Selatan. Motif yang dihasilkan oleh pembuat batik dari daerah ini adalah Motif Batik yang merupakan motif yang digabungkan antara motif batik petani dengan dengan Motif Batik yang disebut Saudagaran yang merupakan Motif Batik yang diperkenalkan oleh pedagang dari luar yang masuk ke Bantul.

Source Kelompok Daerah Batik Bantul Batik
Comments
Loading...