Kelompok Batik Sukabumi

0 434

Kelompok Batik Sukabumi

Batik yang ada di Kota Sukabumi sebenarnya dapat dibagi menjadi dua kelompok batik. Pertama adalah baju batik yang menggunakan motif batik khas dari kota Sukabumi yang dibuat dan juga diproduksi di daerah Sukabumi. Kelompok kedua adalah kain batik yang menggunakan motif batik khas kota ini namun dikerjakan oleh para seniman batik di kota lain. Motif batik di Sukabumi sendiri memiliki perbedaan dengan batik yang berasal dari daerah lain.

Dalam hal ciri khas motif batik, para seniman batik di daerah ini sendiri memiliki empat jenis motif batik khas Sukabumi yang telah diakui secara resmi. Empat motif batik khas tersebut adalah Motif Baju Batik Pala, Motif Batik Paku Jajar, Motif Batik Pisang Kole, dan juga Motif Batik Bunga Lily. Seperti juga di daerah lain yang memiliki batik, motif batik yang di sebut di atas adalah bentuk atau sesuatu yang banyak dijumpai di wilayah pembuat batik, dan keempat benda dari alam tersebut lah yang paling banyak ada dan dijumpai di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sebenarnya motif-motif tersebut merupakan pola yang banyak kita jumpai di wilayah Indonesia ini. Sehingga untuk membuat batik dari Kota Sukabumi ini menjadi lebih memiliki ciri khas maka dibutuhkan beberapa hal lain yang dapat membuat desain dari kain batik kota Sukabumi ini berbeda. Untuk itulah para seniman batik di kota ini lebih mencari berbagai macam hal yang unik dari kesenian dan juga budaya lokal masyarakat kota Sukabumi ini. Selain itu dalam hal mencari motif batik khas Sukabumi ini, para seniman juga mencari berbagai bentuk motif khas yang dapat dipakai dari sejarah kota Sukabumi ini. Berbagai hal tersebut dilakukan untuk membuat pola dan juga motif batik yang unik dari kota ini sehingga berbeda dengan motif batik dari tempat lainnya. Salah satunya adalah mengenai dua buah kendi yang dapat dijumpai berada di depan Masjid Agung yang merupakan sebuah lokasi yang menjadi simbol kota ini.

Source https://hushhushholic.tumblr.com/ https://hushhushholic.tumblr.com/post/141933262638/batik-sukabumi http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...