Kekhasan Batik Sinom Parijotho

0 56

Kekhasan Batik Sinom Parijotho

Masyarakat Kota Jogja perlaha-lahan mulai mengenal dan mencintai Motif Batik Sinom Parijotho. Batik ini merupakan kreasi otentik Susilo Radi Yunianto, seorang warga Sleman yang dua tahun lalu menjadi pemenang lomba Desain Batik. Karena daya tarik dan ciri khas uniknya, tahun ini pemerintah daerah menetapkan Sinom Parijotho sebagai tren batik 2014. Saat ini industri kreatif Batik Sinom Parijotho semakin menggeliat berkat karya kelompok pembatik Ayu Arimbi. Jika tertarik anda bisa datang ke sentra Sinom Parijotho di Dusun Plapangan, Pandowoharjo, Sleman. Di tempat inilah, dapat dijumpai aneka motif cantik pencuri perhatian para pecinta Batik.

Apa saja kekhasan Batik Sinom Parijotho?

  • Motif Sinom Parijotho mengangkat elemen-elemen motif alami dari tanaman parijotho dan salak, ikon sumber daya alam kabupaten Sleman. Susilo Radi Yunianto, mengungkapkan jika motif tersebut memang terinsipirasi dari tanaman parijotho, tanaman dedaunan yang banyak tumbuh di kawasan pegunungan.
  • Perajin Batik Sinom Parijotho ialah kumpulan ibu-ibu rumah tangga di Plapangan. Kalau batik tulis proses pembuatannya lebih lama dan harganya lebih mahal. Batik cap lebih terjangkau masyarakat. Namun meski hanya batik cap, Tatik menjamin konsumen akan menemukan keunikan tersendiri.
  • Motif utama terdiri dari elemen tangkai, daun, bunga parijotho, daun salak dan bunga salak. Posisi tanaman parijotho dibuat komposisi diagonal yang di sela-sela bidangnya diisi dengan motif buah dan daun salak pondoh. Latar belakang motif diisi cecek yakni titik-titik kecil yang tersebar merata
  • Bunga parijotho yang berwarna biru dan putih biasanya dikomposisikan dengan arah diagonal. Susunan daun parijotho terlihat estetis. Sementara itu, daun salak pondoh dikomposisikan secara acak tetapi selalu berdekatan dengan buahnya. Warna daun salak pada gambar dibawah ini, menggunakan warna coklat dan gabungan antara coklat dan putih sedangkan buah salak dibuat warna coklat, putih dan kuning.

Penciptaan motif batik ini sangat mempertimbangkan nilai estetika untuk mengungkapkan kebanggaan masyarakat terhadap kekayaan hayati yang ada di lereng Gunung Merapi, Pakem, Sleman.

Source http://penulispro.com/ http://penulispro.com/simak-cantiknya-motif-alami-batik-sinom-parijotho/5931/
Comments
Loading...