Keindahan dan Makna Batik Kudus

0 853

Keindahan dan Makna Batik Kudus

Tidak hanya terkenal dengan penghasil rokok kreteknya saja, tetapi Kudus juga terkenal batik lokal yang disebut batik kudus. Pesona batik kudus, memang tak sebesar batik Pekalongan dan Solo, meski begitu batik ini juga memiliki magnet tersendiri. Batik Kudus dilahirkan dari dipengaruhi dari budaya budaya cina dan suatu ajar agama agama Arab atau Islam.pada paling umum motif ditampil suatu budaya yang dari masyarakat kudus. Tahun 1880 sampai 1940 diperkirakan Batik Kudus telah populer dikalangan Masyarakat dan ada suatu perkembangan sampai tahun 1970.keunikan atau dimoninasi Batik Kudus dengan warna seperti coklat, biru, hitam, merah tua atau warna warna alami.

Perkembangan membatik di Kudus sudah bertansformasi atau menjadi modern dengan mengubah warna seperti pascel atau seperti warna kekinian dan warna yang cerah. Batik lain memiliki filosofi sama seperti Batik Kudus ada filosofi yang istimewa yang dimilikinya.

Beberapa contoh yang mempengaruhi membatik tersebut tampak kaya dalam segi motif, warna dan folosofi. Pada batik kudus jaman dulu didominasi dengan warna merah tua, biru, coklat dan hitam. Tapi sekarang Batik Kudus mengikuti perkembangan salah satunya warna pastel kata Senaz dari desainer.

Ada suatu perbedaan antara Batik Lainnya dengan Batik Kudus yaitu motif pengisi atau segi isen yan ternyata aneka ragam dan rumit bukanya hanya itu ada motfi bintang atau tumbuh tumbuhan tapi ada juga seni kaligrafi. Masyarakat Kudus yang mau menikah ada Motif Batik Kudus yang pakai khusus yaitu Burung Merak atau Kelik pada motif ini menunjukan simbol kebahagiaan bagi calon pengantin yang memakainya.

Source Keindahan dan Makna Batik Kudus Batik
Comments
Loading...