Keindahan Batik Tegal

0 165

Keindahan Batik Tegal

Batik yang dikenal di Kota Tegal pada akhir abad ke-XIX dan yang dipakai saat itu adalah pewarna buatan alami dari tumbuh-tumbuhan seperti pace, nila, soga dan kulit kayu mahoni. Warna Batik Tegal pertama kali ialah sogan dan babaran abu-abu setelah dikenal nila pabrik dan kemudian meningkat menjadi warna merah-biru. Batik tulis Tegal atau tegalan itu dapat dikenali dari corak gambar atau motif rengrengan besar atau melebar. Motif ini tak dimiliki daerah lain sehingga tampak eksklusif.

Corak yang diilhami oleh flora dan fauna lingkungan, dipadukan dengan warna spesifik yang lembut atau kontras,warna lembut dan kontras adalah motif batik gaya pesisiran. Ini memunculkan kesan tegas dan lugas. Menurut catatan sejarah, budaya berpakaian batik di Tegal dibawa Raja Amangkurat I (Sunan Amangkurat Mas) dari Keraton Kasunanan Surakarta. Amangkurat I saat itu menyusuri pantai utara membawa pengikutnya yang di antaranya perajin batik. Perajin ini akhirnya menurunkan ilmunya pada anak cucunya dan meluas ke masyarakat. Aktivitas usaha batik tulis tegalan di Kota Tegal mengelompok dalam sentra industri kecil-menengah di Kelurahan Kalinyamat Wetan, Bandung, Tunon, dan Keturen, wilayah Kecamatan Tegal Selatan.

Corak batik yang hingga kini dikembangkan antara lain, corak beras mawur, tapak kebo dan dapur ngebul. Bermacam macam motif batik Tegal bisa dilihat di Griya Batik Tulis Tegal di kelurahan Bandung Kecamatan Tegal Selatan. Didirikan sebagai pusat perdagangan dan pendidikan batik tulis. Dalam griya tersebut juga ditampilkan semua proses pembuatan batik tulis, mulai dari menggambar hingga mewarnai.

Source http://108jakarta.com/ http://life.108jakarta.com/2013/11/keindahan-batik-tegal
Comments
Loading...