Keindahan Batik Sumenep yang Berbeda dari Batik Lain

0 200

Keindahan Batik Sumenep yang Berbeda dari Batik Lain

Batik Sumenep yang memiliki corak tersendiri dari guratan batiknya. Meskipun daerah kepulauan dan maritim, tak berarti motif Batik Sumenep melukiskan biota-biota laut seperti di daerah pesisir lainnya. Justru sangat jarang sekali motif-motif ikan tergambar di Batik Sumenep, walaupun tetap ada. Motif batik yang menggunakan gambar bunga, dedaunan, dan binatang darat malah lebih dominan tergambar di corak batik ini. Tingkat kerumitan gambar-gambar tersebut, pun sangat menentukan harganya.

Ada bunga yang tergambar sederhana, apa pula yang tergambar dari sudut pandang unik, dengan kerumitannya. Salah satu yang jadi keunggulan batik sumenep ialah motifnya yang atraktif, juga banyak yang tidak biasa. Ciri lainnya dari Batik Sumenep adalah menggunakan lebih dari dua warna, minimal tiga warna dalam satu lembar kain Batik Sumenep. Namun soal warna, batik ini tak memiliki warna khusus seperti batik semarang yang dominan warna merah terang dan kuning.

Uniknya lagi, dalam satu kain banyak yang terdiri dari beberapa motif. Mulai dua hingga tiga motif dalam satu kain. Walaupun terlihat ramai, tetapi kombinasi motifnya tetap terlihat harmonis, dan cocok digunakan. Ada beberapa motif yang menjadi favorit adalah Beras Tumpah, Motif Alam Dedaunan, Bunga Tulip, Burung Garuda, dan Burung Merak. Soal harga, batik sumenep dijual mulai Rp 150.000 hingga Rp 750.000 untuk selembar kain ukuran dua meter persegi.

Source Keindahan Batik Sumenep yang Berbeda dari Batik Lain Batik
Comments
Loading...