Keindahan Batik Sekar Jagad dalam Desain Terbaru Irma Lumiga

0 37

Keindahan Batik Sekar Jagad dalam Desain Terbaru Irma Lumiga

Irma Lumiga seorang fashion designer asal Banyuwangi mampu mengangkat kekayaan batik daerahnya dalam balutan mewah yang bervariasi. Mengangkat batik Sekar Jagad, Irma memesona mata hadirin dengan permainan warna serta pilihan dress hingga outwear dengan cutting beragam. “Alasan saya memilih batik Sekar Jagad karena corak itu menggambarkan keanekaragaman serta kekayaan alam Banyuwangi,” ujar Irma usai ditemui dalam peragaan busana bertajuk ‘Sekar Jagad Banyuwangi’ di Indonesian Fashion Week 2017, JCC.

Sekar Jagad sendiri berasal dari ‘kar jagad’ yang diambil dari bahasa Jawa (kar=peta; Jagad=dunia). Motif ini mengandung makna keanekaragaman di Banyuwangi. Tak hanya itu, Sekar Jagad kata Irma, juga mengandung makna kecantikan serta keindahan sehingga dapat memesona siapapun yang melihatnya. Dalam peragaan busana ini Irma Lumiga merancang 71 koleksi batik yang terdiri dari ready to wear, kebaya hingga desain houte couture terkenal akan kerumitannya, yang dibuat mengunakan teknik tingkat tinggi serta penggunaan bahan berkualitas.

Untuk mensukseskan acara ini, ia menggandeng sejumlah UKM batik lokal di Banyuwangi, “Dalam mahakarya ini saya dibantu perajin-perajin batik lokal menghasilkan motif-motif Sekar Jagad yang penuh keindahan,” kata Irma. Irma mengaku lima bulan sebelum mendesain koleksi-koleksinya, ia sempat mendaki Kawah Gunung Ijen untuk mendapat inspirasi. “Gunung Ijen memberikan banyak inspirasi dalam mendesain karya terbaru kali ini. Keragaman budaya serta warna cantik yang ada di Kawah Gunung Ijen saya apresiasikan dalam balutan busana batik Sekar Jagad,” ujarnya.

Selama 17 tahun berkiprah di dunia kreatif fashion, Irma mengakui selama hidupnya menjadi warga Banyuwangi, baru kali ini ada bupati yang sangat peduli dengan kekayaan alam serta budaya di tanah kelahirannya. “Baru periode Bapak Anas ini saya benar-benar merasakan bagaimana pemerintah mau berjalan bersama mengangkat kekayaan budaya di tanah kami,” kata Irma. Hal ini menurutnya menjadi kepercayaan diri bagi perajin serta pelaku industri kreatif di Banyuwangi untuk terus berkarya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang turut hadir dalam kesempatan ini menyampaikan Irma adalah puteri daerah bertalenta dan potensial. Karyanya diharapkan bisa mengangkat produk-produk Banyuwangi semakin dikenal masyarakat secara luas. “Tugas kami sebagai pemangku kebijakan mendorong pelaku industri serta UKM untuk terus maju berkarya dan menggali potensi daerah,” ujarnya.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/gaya/keindahan-batik-sekar-jagad-dalam-desain-terbaru-irma-lumiga.html
Comments
Loading...