Keindahan Batik Jumputan

0 252

Keindahan Batik Jumputan

Proses pembuatan pada Batik Jumputan memiliki beberapa teknik yang cukup sering dipakai. Teknik pembuatan batik jumputan yang pertama adalah menggunakan teknik ikat. Pada penggunaan teknik ikatan, kain baju batik yang akan dibuat menjadi kain batik jumputan pada beberapa bagian akan diberi ikatan dengan menggunakan tali. Ikatan yang dibuat pada kain ini harus cukup kencang sehingga pada saat kain tersebut dimasukkan ke dalam cairan warna, bagian yang terikat tadi tidak terkena oleh zat warna yang ada. Hal ini berfungsi agar setelah kain tersebut keluar dari proses celup dan kemudian ikatan kain tersebut dibuka, maka akan terbentuk sebuah motif.

Teknik pembuatan Batik Jumputan yang kedua adalah dengan menggunakan teknik jahitan. Pada teknik yang kedua ini, kain yang akan diubah menjadi Batik Jumputan, terlebih dahulu akan diberi pola, dan kemudian diberi jahitan dengan menggunakan tusuk jelujur pada bagian garis dari warna yang tadi telah dibuat polanya. Jahitan yang dibuat ini harus ditarik dengan kuat sehingga bagian yang dijahit jelujur tersebut akan menjadi kerut dengan sangat rapat. Dengan jahitan jelujur yang rapat ini maka akan menghalangi zat warna masuk ke bagian kain yang telah di jahit jelujur tersebut. Dalam menjahit kain batik jumputan ini pada umumnya akan menggunakan benang yang tebal serta kuat.  Alat yang dipakai sebagai benang pada umumnya benang plastik, benang dari bahan jeans, dan juga ada yang menggunakan benang sepatu. Hasil akhir dari Batik Jumputan yang dibuat dengan teknik jahitan ini akan membentuk titik-titik yang seperti menyambung dan membentuk sebuah pola.

Pembuatan Batik Jumputan bahan baku yang dipakai pada umumnya adalah kain yang menggunakan serat alami seperti katun, rayon, kain dolbi, kain paris dan juga menggunakan kain sutra. Kain yang baik seperti kain yang disebutkan di atas merupakan kain yang memiliki kemampuan penyerapan zat warna yang baik dan akan memberikan rasa nyaman yang lebih ketika dipakai karena dapat menyerap keringat dari orang yang memakai kain tersebut. Seni pembuatan Batik Jumputan telah banyak dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia seperti Yogyakarta, Solo dan juga terdapat di daerah Pekalongan dan berbagai wilayah lainnya. Walaupun menggunakan teknik yang sama, berbagai daerah ini tetap memiliki ciri yang unik pada Motif Batik Jumputan yang mereka buat. Batik Jumputan memiliki nilai keindahan tersendiri. Keunikan motif dan hasil pewarnaanya sangat dipengaruhi oleh ketrampilan dari pengrajinnya. Sementara hasil motif dan warna yang nampak tergantung dari bahan baku kain, teknik, kreasi, dan zat warna yang digunakan. Keunikan lainnya yaitu pengerjaan motif yang sama bisa jadi memiliki hasil akhir yang berbeda, atau bisa dikatakan motifnya limited edition.

Source Keindahan Batik Jumputan Batik
Comments
Loading...