Kegiatan Membatik Diminati Banyak Siswa

0 20

Kegiatan Membatik Diminati Banyak Siswa

Produk batik karya siswa SMA Negeri 2 ikut dipamerkan dalam bazaar Musrenbang di Pendopo Pengabdian. Selama ini untuk mencukupi kebutuhan produksi membatik, sekolah melakukan swadaya bersama.

SMA Negeri 2 Kota Magelang memiliki kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) membatik. Hadirnya ekskul ini terinspirasi dari peng hargaan batik oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Kegiatan membatik ternyata cukup diminati para siswa. Apalagi hasilnya cukup menjanjikan. “Ekskul batik sebenarnya sudah lama di sekolah ini. Namun, mulai greget tahun 2009, saat batik corak khas Magelang mulai diminati masyarakat,” kata Guru Ke-senian SMAN 2 Kota Magelang Djarobi Rusli.

Pria yang juga pembimbing ekskul membatik ini mengemukakan, saat ini ada 60 siswa yang mengikuti ekskul membatik. Meski seni membatik agak susah dipelajarinamun tidak me-ngurangi minat para siswa belajar membatik yang dilaksanakan seminggu sekali. Untuk mencukupi per lengkapan dan keperluan produksi membatik, anggaran diambil dari swadaya seko-lah. Mulai kompor, wajan, canting, malam tulis, hingga cap.”Biaya berasal dari swadaya sekolah. Kami juga sudah produksi untuk dijual ke pasar. Hasil dari penjualan tersebut dijadikan modal,” katanya saat meng-ikuti bazaar Musrenbang di Pendopo Pengabdian

Jenis corak batik yang dijual, antara lain motif water torn, Di-ponegoro, daun, bunga-bungan, serta motif batik khas Magelang lainnya. untuk mempromosikan, pihak sekolah sering mengikuti pemeran di sejumlah event. Belum lama ini, batik kreasi anak didiknya juga mendapat pesanan dari Palembang sebanyak 100.

Wali Kota Magelang Sigit Wi-dyonindito saat melihat hasil kerajinan batik SMAN 2 Kota Magelang di bazaar musrenbang, memberi apresiasi dan merasa bangga hasil karya anak sekolah yang tidak kalah dengan pe rajin lainnya. Ia minta pihak sekolah semakin serius melakukan pem-binaan dan peningkatan SDM, khususnya ketrampilan mem-batik. “Ini harus dikembangkan lagi, agar produknya bisa ber-saing di pasar,” tandas wali kota.

Source https://radarjogja.co https://radarjogja.co/2015/03/20/kegiatan-membatik-diminati-banyak-siswa/
Comments
Loading...