Kegiatan Edukasi Pembuatan Batik Tulis

0 162

Kegiatan Edukasi Pembuatan Batik Tulis

Sebagai produsen Batik Tulis yang ada di Kabupaten Grobogan, Purudhita Batik melaksanakan proses pembelajaran teknik membuat batik tulis kepada ibu-ibu di beberapa wilayah desa di wilayah Kabupaten Grobogan. Sebagai manifestasi dari mem”bumi”kan batik tulis khas Grobogan yang hingga saat ini belum mempunyai corak dan motif khas seperti halnya Batik Yogyakarta, Batik Solo, Batik Pekalongan, Batik Cirebon, Batik Lasem, Batik Madura dan berbagai macam batik dinusantara yang telah mempunyai corak dan motif paten sebagai produk kearifan lokal yang telah terlebih dulu mendunia.

Pada masanya dulu Batik Grobogan pernah mengalami masa kejayaan sebagai sebuah output dari hasil budaya luhur warisan nenek moyang. Seiring berjalannya waktu Batik Grobogan mengalami penurunan baik dari segi kuantitas  pengrajin maupun peminat/konsumen.

Hingga akhirnya setelah pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan membuka akses lagi untuk berusaha “nguri-uri Batik Grobogan”yang mengalami masa surut atau bisa dikatakan mati suri, maka bermunculanlah minat untuk menghidupkan kembali eksistensi Batik Grobogan.Bahkan hampir setiap desa merespon untuk bisa menjadi sentra batik dengan mendirikan atau mengumpulkan dan mendidik para pembatik yamg masih sangat awam didalam hal teknik membatik.

Untuk merespon hal; itu maka Purudhita Batik yang berhomebase di Desa Sulursari memberanikan diri” untuk mengambil peran sebagai Agen edukasi Batik Tulis bekerjasama dengan instansi terkait. Sudah beberapa desa yang mengajukan para warganya terutama ibu-ibu untuk dilatih tentang seluk beluk perbatikan. Ditopang dengan pengalaman beberapa tahun silam berkecimpung dalam dunia batik kayu di jogyakarta. Owner Purudhita Batik, Siswanto membentuk Team Pelatihan Membuat Batik Tulis untuk menularkan tatacara membuat batik yang baik dan berkualitas yang tentunya berorientasi pasar.

Source https://purudhita.blogspot.co.id/search/label/Sejarah https://purudhita.blogspot.co.id/2016/10/kegiatan-edukasi-pembuatan-batik-tulis.html
Comments
Loading...