Kebumen Kekurangan Desainer Batik

0 147

Kebumen Kekurangan Desainer Batik

Sejumlah perajin batik yang ada di Kabupaten Kebumen sudah memiliki usaha mandiri harus bekerja keras untuk  bisa merancang sendiri desain-desain batik baru guna melayani permintaan kain batik dari para pelanggan mereka. “Sejumlah pelanggan saya di Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang maupun Kebumen sejak beberapa tahun belakangan ini selalu rutin memesan batik khas Kebumen. Setiap kali pesan, rata-rata mereka minta dibuatkan batik dengan motif yang berbeda-beda dan tak sama dengan motif yang sudah pernah dipesan sebelumnya,” papar Wahyuni, perajin batik Dukuh Lengkong Desa Jemur Kecamatan Pejagoan Kebumen.

Para pelanggan batik yang rutin memesan batik kepada Wahyuni adalah pemilik toko batik, pemilik usaha pakaian jadi dan  perancang busana yang memiliki kriteria khusus untuk batik yang  mereka pesan. Diantaranya, menyangkut pewarnaan dan motifnya. Menurut mereka pewarnaan dan motif harus benar-benar optimal untuk melayani selera relasi mereka. Dalam hal motif, mereka minta selalu dibuatkan motif baru agar relasi mereka tidak bosan.

Untuk melayani permintaan para pelanggannya bukan sesuatu yang mudah karena di Kebumen dirinya kesulitan mencari perancang desain motif batik. Namun justru di situlah tantangannya. Agar permintaan para pelanggan bisa diakomodasi, maka dirinya selalu menggali motif-motif klasik Kebumen sebanyak-banyaknya sebagai bahan inspirasinya.

Source https://lintaskebumen.wordpress.com/ https://lintaskebumen.wordpress.com/2015/05/12/kebumen-kekurangan-desainer-batik/
Comments
Loading...