Keberadaan Batik Kudus

0 201

Keberadaan Batik Kudus

Batik Kudus cenderung lebih mahal harganya dibanding dengan batik-batik yang berasal dari kota lainnya karena beberapa hal antara lain:

  • Keterbatasan jumlah Batik Kudus dengan motif yang unik  sehingga barang menjadi langka di pasaran,
  • Minimnya tenaga pengrajin yang bisa membuat Batik Kudus sehingga biaya tenaga kerja yang dikeluarkan oleh pengusaha batik cenderung lebih besar.

Batik Tulis Kudus merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, umumnya Jawa dan khususnya daerah Kudus dan sekitarnya. Orang-orang Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan. Batik Tulis yang berasal dari Pulau Jawa mempunyai motif-motif yang berbeda-beda, termasuk Batik Tulis Kudus yang sekarang sedang berkembang. Batik ini dijual per potong dengan panjang 2 meter per potongnya.

Batik Kudus saat ini kembali hadir dengan warnanya yang kaya dan motif yang unik dan nyaris punah. Sejak era 80-an hingga 2000 lalu, Batik Kudus hanya dikenal sebagai artefak budaya dan semakin ditinggalkan masyarakat Kudus. Padahal sejak abad 17 hingga era tahun 40-an, motif batik multikultur dengan pengaruh budaya China dan Arab ini menjadi identitas masyarakat Kudus. Kini, pesona Batik Kudus ditampilkan kembali dalam bentuk kain yang otentik maupun busana siap pakai merujuk pada gaya busana masa kini yang modis dan simpel.

Source Keberadaan Batik Kudus Batik
Comments
Loading...