Kebebasan Motif Batik Pesisir

0 66

Kebebasan Motif Batik Pesisir

Motif Batik Pesisir memiliki motif yang berbeda dengan motif batik yang berasal dari keraton. Batik pesisir memiliki kebebasan serta lebih kaya dalam hal motif dan juga dalam hal warna. Batik pesisir tidak memiliki keterikatan dengan aturan keraton dalam hal membuat motif batik, akan tetapi batik pesisir memiliki sedikit lebih nilai filosofi dibanding dengan baju batik yang berasal dari keraton. Motif yang ada pada batik pesisir berupa motif tanaman, motif binatang, dan beberapa ciri khas lingkungan yang ada pada daerah pesisir. Warna yang cerah pada batik pesisir biasanya lebih menarik konsumen. Batik dari pesisiran ini lebih banyak mendapat pengaruh dari dunia luar, seperti pedagang asing dan para penjajah yang berdatangan ke Indonesia.

Batik dengan warna yang cerah seperti warna merah dikenalkan oleh etnis tinghoa yang kemudian juga mulai mempopulerkan motif batik dengan corak burung phoenix. Bati Pesisir selain mendapat pengaruh dari bangsa Cina, motif batik ini juga mendapat pengaruh dari bangsa Eropa yaitu pada khususnya bangsa Belanda yang datang ke Indonesia yang juga teryata menaruh minat pada batik. Hasil dari perpaduan motif yang muncul dari bangsa eropa ini adalah motif batik dengan jenis bebungaan yang sebelumnya sama sekali tidak dikenal dalam dunia batik. Motif bunga yang digunakan oleh bangsa Belanda adalah motif bunga seperti bunga tulip dan juga motif yang menggambarkan beberapa benda yang dibuat dan dibangun oleh bangsa Belanda di Indonesia seperti motif dengan gambar gedung, kereta kuda, gambar motif meriam ataupun motif kapal. Selain dalam hal motif, batik  juga mendapat pengaruh warna dari bangsa Belanda seperti batik dengan warna dasar biru sebagai salah satu warna kesenangan bangsa Belanda.

Batik pesisir merupakan salah satu sebutan untuk batik yang muncul dan berkembang  diwilayah pesisir pantai, misalnya daerah cirebon, pekalongan, lasem,tuban dan beberapa wilayah pesisir pantai lainnya. Dalam hal motif batik pesisir lebih memiliki kebebasan dalam membuat motif batik dan tidak seperti motif batik yang berasal dari keraton yang mempunyai aturan tertentu yang harus dipatuhi dalam pembuatan motif. Dengan motif yang lebih modern dan warna dasar yang cerah membuat batik yang berasal dari pesisir dapat lebih mudah membuat peminat batik pemula lebih tertarik. Para peminat pemula ini biasanya berasal dari kalangan anak muda terutama dari kalangan remaja. Berbagai motif dan pola yang terus diperbaharui terus bermunculan dan semakin meningkatkan minat masyarakat akan batik. Tiap daerah di Jawa bahkan Indonesia saat ini telah memiliki kekhasan tersendiri  dalam hal motif dan pola batik yang membuat para pecinta batik selalu jatuh cinta dengan motif-motif terbaru yang dihasilkan oleh pengrajin batik pesisir.

Source https://batikfashionista.wordpress.com/ https://batikfashionista.wordpress.com/2014/06/22/kebebasan-motif-baju-batik-pesisir/ http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...