Kebanggan Dalam Batik

0 280

Kebanggan Dalam Batik

Batik harus diwariskan dengan cara diajarkan dari generasi yang sudah matang ke generasi yang akan menjadi pewaris kesenian membuat batik ini. Proses mewariskan baju batik ini dilakukan dengan cara pendidikan formal di sekolah sekolah yang ada di wilayah Jogja atau bisa juga melalui pendidikan informal yang bisa diperoleh di berbagai sanggar seni pembuatan baju batik yang ada di Yogyakarta. Batik bukan lagi menjadi milik orang Jawa tetapi sudah menjadi sebuah seni yang di bangga kan oleh bangsa Indonesia. Kebanggaan ini harus kita jaga dan juga lestarikan dengan cara mengajarkan kepada para generasi penerus bangsa ini.

Batik harus mulai di kenalkan kepada para generasi muda dan juga ditumbuhkan rasa cinta yang mereka miliki. Batik yang dikenal sekarang ini adalah sebuah kesenian yang telah berumur ribuan tahun. Pada masa awalnya kesenian membuat batik ini adalah sebuah seni yang dikuasai oleh para kaum ibu, sebagai pekerjaan yang dilakukan diantara masa tanam dan juga masa panen padi yang menjadi pekerjaan pokok sebagian besar masyarakat Pulau Jawa pada waktu itu. Pada masa itu kegiatan pembuatan batik adalah sebuah kegiatan yang dilakukan secara eksklusif.

Batik pada waktu itu tidak dipakai oleh sembarang orang dan hanya dipakai oleh suatu kelompok masyarakat tertentu. Pada masa lalu, baju batik yang dipakai oleh seorang di dalam masyarakat dapat memperlihatkan status sosial yang disandang oleh pemakai baju batik tersebut. Hingga zaman saat ini, masih ada beberapa jenis motif batik yang hanya boleh dipakai oleh kalangan keluarga Keraton Yogyakarta dan juga kalangan Keraton Surakarta.

Source Kebanggan Dalam Batik Batik
Comments
Loading...