Kearifan Mega Mendung, Motif Batik Favorit Happy Salma

0 23

Kearifan Mega Mendung, Motif Batik Favorit Happy Salma

Sudah cukup lama sejak Happy Salma mengaku jatuh hati pada batik. Tak hanya lewat penampilan, kecintaan perempuan berdarah Sunda ini pada batik juga tergambar jelas lewat deretan karya yang ditelurkanKontribusinya dalam film pendek bertajuk Sekar, misalnya.

Memiliki concern pada salah satu warisan budaya Indonesia ini, Happy sengaja belajar dan terus menggali pengetahuan tentang batik. Dari sekian banyak, perempuan 38 tahun ini mengaku memfavoritkan motif mega mendung.

Seperti yang lain, motif batik populer asal Cirebon ini juga mengandung filosofi tersendiri. Maestro Batik Cirebon, Katura menjelaskan, mega mendung terdiri dari kata mega yang berarti langit atau awan, serta mendung atau langit yang meredup biasanya ada di saat akan turun hujan.

Dalam motif mega mendung harus terdapat tujuh gradasi warna yang menjadi pelapis. “Gradasinya tujuh. Dari biru tua sampai biru muda.” Istilah mendung diartikan dalam kehidupan manusia sebagai sifat tak mudah marah. “Jadi, filosofi batik mega mendung sendiri yaitu jangan pernah mudah marah atau mudah panasan,” tuturnya soal makna motif batik favorit Happy Salma.

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/fashion-beauty/read/3656867/kearifan-mega-mendung-motif-batik-favorit-happy-salma
Comments
Loading...