Keahlian Membatik Masyarakat Gumelem

0 147

Keahlian Membatik Masyarakat Gumelem

Zaman dulu batik dapat menjadi pengenal akan kedudukan seseorang dalam masyarakat atau dalam pemerintahan dan merupakan sebuah tanda pangkat sebuah busana yang hanya dipakai oleh para bangsawan dan juga Raja di Pulau Jawa. Motif baju batik tradisional pada umumnya memiliki makna yang dalam dan setiap coretan pada batik tulis tradisional merupakan sebuah seni dengan nilai yang sangat tinggi dan tidak dapat dibuat oleh semua orang. Kabupaten Banjarnegara terdapat juga batik yang telah diwariskan sejak zaman dahulu dan bertahan dan berkembang hingga saat ini. Gumelem merupakan sebuah daerah di Banjarnegara yang sangat terkenal dengan seni batik tulis khas daerah tersebut.

Hampir semua penduduknya membuat batik dan merupakan sebuah seni yang telah ada dalam nafas kehidupan desa ini sejak zaman dahulu. Para masyarakat di desa Gumelem ini telah terkenal dengan keahlian mereka dalam membuat motif baju batik yang unik dan juga indah khas dari daerah Banjarnegara. Para masyarakat daerah ini telah mewariskan keterampilan membuat batik dengan sangat baik sehingga keahlian dan juga keuletan dalam membuat batik khas Gumelem ini terus terjaga dan terus dapat membuat hasil karya batik dengan nilai seni yang tinggi. Motif baju batik yang saat ini dibuat di daerah ini ada dua jenis yaitu motif batik klasik dan juga motif batik kontemporer. Motif batik klasik merupakan motif batik tradisional yang telah ada sejak zaman dahulu.

Beberapa nama motif batik klasik khas Gumelem ini adalah motif batik pring sedapur, motif batik gajah uling, motif batik sungai serayu, motif batik jahe serimpang dan beberapa motif batik klasik lainnya. Sementara jenis batik yang kedua adalah motif batik kontemporer. Motif batik ini memiliki variasi yang cukup banyak dan memperlihatkan ciri khas dari wilayah Kabupaten Banjarnegara ini. Pola batik ini banyak dibuat oleh para seniman batik muda dan pada umumnya motifnya relatif memiliki jarak yang jarang dan menggunakan pola yang besar. Motif batik kontemporer dari desa Gumelem ini adalah motif batik sawung alit, motif batik lumbu pari, motif batik kantil rinonce dan beberapa batik khas lainnya.

Source Keahlian Batik Masyarakat Gumelem Batik
Comments
Loading...