Keagungan Seni Batik

0 205

Keagungan Seni Batik

Batik menjalani balik lintas jalur sutra dan dapat menyatukan ideologi dan lintas dimensi, tempat dan waktu. Usia batik lebih dari temuan dari coretan daun lontar pada abad kke-17. Corak batik berawal dari tumbuh-tumbuhan, terus corak candi, awan, dan juga wayang. Hingga modern saat ini. Batik bukan lagi sekedar simbolis kebesaran raja Jawa lagi tetapi juga pengikat bangsa. Setiap daerah dari Sabang sampai Merauke punya ciri khas batik dengan corak tersendiri yg menunjukkan karakteristik warganya. Perbedaan yang jelas antara batik kuno dengan sekarang adalah batik kuno dulu proses selang berminggu-minggu, sekarang dalam hitungan jam pun bisa. Ada 2 jenis dasar batik yaitu batik tulis dan batik cap.

Filososfi melukis batik dulu adalah prosesi pencapaian tertinggi berseni budaya. Persembahan juru lukis batik Kerajaan matraman pada raja-raja mereka. Hal ini tertulis di uraian dalam daun lontar yang ditemukan abad ke-17. Batik menjalani takdirnya melawan jalur sutra. Ketenaran batik menyebar lewat jalur sutra. Dalam catatan pedagang gujarat India abad 16 dan 17, mereka telah membawa kain batik selain tembikar, porselin, dan kain sutra cina.

Corak batik tulis memenuhi pra syarat pola bangun sempurna.begini, Sebuah unsur alam misal daun punya Pola bangun struktur mengikuti poa deret tertentu yaitu deret fibonanci (1,1,2,3,5,8,13,21,dst). Sementara Pola yg dihasilkan dari corak rangkai deret tadi dan pola batik memenuhi ketentuan himpunan mandelbrot.

Source Keagungan Seni Batik Batik
Comments
Loading...