Karena Berani Eksporasi Batik Klasik, Afifah Diburu Para Kolektor

0 14

Batik Kita adalah warisan budaya yang sangat membuat Tanah air kita bangga, dengan keelokan dan keindahan dari sebuah batik yang telah melekat di berbagai generasi masyarakat Indonesia. Kini orang tua hingga remaja telah menyadari dan mulai memahami bahwa batik yang telah menjadi kebanggaan negara kita memberikan pencerminan jati diri Indonesia di mata dunia, begitu pula dengan anak muda yang tinggal di kota yogyakarta, Afifah Ashma Abdillah yang begitu mencintai batik yang telah menjadi warisan budaya kita.

Batik-batik yang memiliki nuansa klasik adalah kerajinan yang telah afifah tekuni dalam studionya, Avatar Boutique yang tepatnya di Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Afifah mengatakan ” Avatar Boutique baru berdiri di tahun 2015, dan dahulu saya baru membuat batik adalah di tahun 2014 itupun karena untuk tugas kuliah. Dan waktu itu dosen saya mengatakan bahwa gambar yang telah saya buat terlihat lebih hidup daripada milik teman teman yang lain”.

Dan dari perjalanan kuliah lah, Afifah mulai menyadari bahwa darah keluarganya adalah perajin batik yang berasal dari kota Ponorogo Jawa Timur, yaitu kakeknya sendiri adalah pengusaha batik yang berada di daerah itu dan ternyata dia juga baru menyadari bahwa darah perajin batik sudah ada dalam dirinya. Dan akhirnya Afifah semakin termotivasi dalam mengembangkan batik dengan mulai meneliti batik dari daerah asal dan mengembangkan batik klasik dengan model dan gayanya sendiri.

Afifiah juga melalukan pewarnaan batik langsung di studionya, yang dari mulai proses wedel dimana itu adalah memberikan warna biru pada lorot, pakaian yaitu menghilangkan sisa sisa lilin pada kain, hingga rining dimana itu adalah harus mencanting ulang. Dan seteleh proses pewarnaannya telah selesai selanjutnya dilakukan proses bironi dimana itu adalah menutup kembali batik dengan lilin, dan setelah itu diberi warna coklat atau sogan, merah atau bangbangan. Berawal dari pelatihan inilah mengenai bisnis yang telah diadakan oleh UNESCO pada tahun 2018. Avatar Boutique telah menjadi pemenang dalam YCC 2018 (Youth Creative Competiton 2018) yang diadakan oleh Citi Foundation dan UNESCO.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/karena-berani-eksporasi-batik-klasik-afifah-diburu-para-kolektor
Comments
Loading...