Karanggondang Siap Jadi Kampung Wisata Batik Khas Jepara

0 52

Karanggondang Siap Jadi Kampung Wisata Batik Khas Jepara

Tepatnya di Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara menangkap peluang perkembangan Batik Jepara, melalui sektor wisata. Ke depan nanti, desa yang terletak 10 kilometer arah utara Kota Jepara ingin menjadi desa wisata batik. Hal ini ditandai dengan event “Pemeran Batik Kedungmulyo dan Tanaman Pekarangan” yang berlangsung Kamis hingga Sabtu, 25 – 27 Juli 2015. Di Desa Karanggondang, batik sudah mulai dikembangkan satu tahun terakhir. Semula batik dipelajari 218 anak setempat yang tergabung di Pusat Pengembangan Anak (PPA) Eben Haezer. “PPA bekerja sama dengan Nalendra Gallery, Jepara, milik Bu Suyanti. Dari sana lah anak-anak mendapat pelatihan membatik,” kata Ketua PPA Eben Haezer Supar.

Dalam perkembangannya, latihan yang berlangsung di sanggar batik Binangun milik PPA, menarik minat ibu-ibu setempat. Setelah 8 bulan berlatih intensif, produk yang dihasilkan selama 4 bulan dapat terakhir dipamerkan dan dijual. Seluruh produk batik yang dipamerkan bermotif khas Jepara yang terinspirasi dari ukiran setempat. Jumlah kain yang dipamerkan mencapai ratusan. Jika saat ini ibu-ibu yang tergabung menekuni batik dengan anak-anak PPA berasal dari RT. 1 RW. 7, kini PPA sudah berkomunikasi dengan organisasi PKK desa untuk pengembangan. “Kami siap memberi latihan di sanggar Binangun kepada siapapun yang ingin menekuni batik. Sehingga ke depan bisa terwujud Karanggondang sebagai desa wisata batik,” lanjutnya.

Wakil Bupati Subroto saat membuka pameran menandaskan pentingnya menjaga kualitas. Selain itu buatlah produk yang berbeda. Karakteristik produk yang spesifik akan diterima pasar karena sekarang kita sudah ada dalam masa persaingan global  yang mendukung pengembangan motif asli Jepara dengan isnpirasi produk ukir.

Source http://beritajateng.net/ http://beritajateng.net/karanggondang-siap-jadi-kampung-wisata-batik-khas-jepara/
Comments
Loading...