infobatik.id

Karakteristik Proses Pembuatan Batik Paoman

0 16

Karakteristik Proses Pembuatan Batik Paoman

Proses adalah perubahan yang terus bergerak dalam perkembangan sesuatu. Apabila dikaitkan dalam proses pembuatan batik, proses yang dimaksud yaitu rangkaian peristiwa dalam pembuatan batik diawali dari persiapan alat dan bahan, mencanting, proses pewarnaan, dan sampai tahap akhir yaitu melorod. Sesuai dengan pernyataan tersebut, pada Batik Paoman juga terdapat proses pembuatan batik, yang dimulai dari tahap awal sampai menjadi kain batik.

Proses pembuatan batik di sentra Batik Paoman terkenal dengan batik tulis dan batik capnya, meskipun di daerah lain terdapat batik tulis dan batik cap akan tetapi Batik Paoman mempunyai karakteristik atau ciri khas sehingga membedakan dengan batik daerah lain, khususnya dalam proses pembuatan batiknya. Adapun ciri khas yang menonjol dari proses pembuatan Batik Paoman yaitu terdapat teknik tambahan yang disebut dengan teknik complongan.

 

Complongan adalah berupa alat yang terbuat dari jarum yang jumlahnya banyak dipasang dan diikatkan pada kayu, bentuknya menyerupai sisir yang memiliki jarum-jarum halus, digunakan untuk membuat isen-isen berupa titik-titik dengan cocohan jarum yang mengisi seluruh bidang pada kain, tujuannya adalah untuk menambah variasi pada kain batik.

Source http://eprints.uny.ac.id/23080/1/Tity%20Sari%20Handayani%2008207241005.pdf
Comments
Loading...