Karakteristik Batik Di Pulau Sulawesi

0 53

Karakteristik Batik Di Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi sendiri terdapat beberapa macam jenis batik. Diantaranya adalah motif batik Toraja, Bugis dan Makassar. Batik Sulawesi Selatan umumnya menggunakan teknik pembuatan yang sama dengan batik Jawa, namun pembuatan motifnya dilakukan oleh masyarakat pengrajin batik di Sulawesi Tengah tepatnya di kota Palu dan motifnya sesuai dengan cirri khas motif local Palu.

Motif yang digunakan batik-batik di Sulawesi Tengah kebanyakan menggambarkan motif burung maleo, motif bunga merayap, motif resplang, motif ventilasi dan motif ukiran rumah adat Kaili ataupun motif bunga dan  buah cengkeh.

Posisi geografis Toraja yang terisolasi di pegunungan, membuat para ahli menduga lokasi ini adalah tempat di aman batik berasal. Coraknya tidak dipengaruhi India bagaimana sejarah batik di Jawa yang dikenalkan pada jaman Raja Lembu Amiluhur (Jenggala), sehingga batik Toraja memunculkan teori boleh jadi Indonesia juga melahirkan batik pertama.

Motif batik Toraja beragam dan memiliki filosofi tertentu, seperti motif Pare Allo (matahari da bentuk bulat menyerupai matahari yang bersinar, Pa’Teddong (kepala kerbau yang menjadi lambing kebesaran di daerah Toraja) dan Poya Mundudan (burung belibis). Warna khas batik Toraja adalah hitam, merah, putih dan kuning. Untuk warna kombinasi setelah kain dicap, kemudian dicelup dengan pewarna selanjutnyabeberapa garis motif ditutup dengan warna yang berbeda.

 

Source http://erninuraini.blogs.uny.ac.id/ http://erninuraini.blogs.uny.ac.id/2018/02/28/batik-nusantara/
Comments
Loading...