Karakteristik Batik Bakaran

0 165

Batik Bakaran

Batik Bakaran merupakan salah satu kerajinan kebudayaan yang berasal dari Kabupaten Pati. Batik Bakaran adalah salah satu hasil kerajinan masyarakat di Desa Bakaran, baik Bakaran Wetan maupun Bakaran Kulon kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Tetapi yang menjadi sentra dari batik Bakaran adalah wilayah Bakaran Wetan. Adanya batik Bakaran tidak terlepas dari sejarah asal berdirinya Desa Bakaran Wetan dan Bakaran Kulon itu sendiri.

Ciri khas dari motif Bakaran dilihat dari segi warna yaitu hitam, putih dan cokelat. Warna yang dihasilkan menggunakan bahan alami seperti kulit pohon tingi yang menghasilkan warna cokelat, kayu tegoran yang menghasilkan warna kuning dan akar kudu yang menghasilkan warna sawo matang. Perbedaan dari batik Bakaran dengan batik lainnya dilihat dari segi ornamennya, motif dan warnanya.

Selain itu juga, batik Bakaran memiliki ciri khas sebagai batik tulis pesisir. Hal ini dikarenakan letak geografis wilayah Juwana yang dekat dengan letak pesisir pantai sehingga terbentuk aneka motif batik tulis khas pesisir seperti blebak urang, loek chan serta motif bandeng. Remekan atau retakan juga menjadi ciri khas batik pesisir Bakaran.

Dari masing-masing ciri tersebut syarat akan makna filosofis. Khususnya pada remekan atau retakannya bisa diartikan sebagai simbol agar dapat menjalin hubungan antar sesama manusia agar tetap rukun dan tidak bercerai berai. Bagi pasangan suami istri, ini menggambarkan kelanggengan hubungan pernikahan agar tetap bahagia selamanya.

Source Karakteristik Batik Bakaran Batik Pati Ciri Khas
Comments
Loading...