Karakter Batik Tegal

0 135

Karakter Batik Tegal

Para perajin batik yang ada di Kota Tegal pertama kali membuat warna batik dengan jenis warna sogan dan juga babaran abu-abu. Setelah warna yang buat secara sintetis muncul, para seniman di daerah ini kemudian mulai menggunakan warna merah dan juga biru. Motif batik Tegal ada juga yang menggunakan warna dasar kain hitam dan juga putih yang dipenuhi dengan warna coklat dan juga warna biru. Saat ini motif dan kain baju batik dari Tegal ini dikenal dengan kain batik yang memiliki banyak jenis warna. Jenis Batik Tulis Tegal ini dapat dikenali dari bentuk dan juga pola gambar rengrengan mereka yang berbentuk besar dan dibuat secara melebar. Motif batik dengan jenis ini tidak ada dapat ditemui ada di daerah lain sehingga motif batik dengan jenis ini sangat khas dan juga eksklusif dari kota Tegal.

Motif Batik Tegal pada umumnya menggunakan jenis isen yang agak kasar dan motif yang dipakai pada umumnya memperlihatkan bentuk flora dan juga fauna dari lingkungan kota Tegal ini. Motif batik yang khas ini kemudian digabungkan dengan warna yang lembut dan juga memiliki jenis yang kontras satu dengan lainnya. Jenis warna yang dipakai pada Batik Tegal ini memang khas dengan gaya batik pesisir yang memberikan kesan akan karakter masyarakat daerah ini yang bersifat tegal dan juga lugas. Pemberian nama pada motif batik Kota Tegal ini memiliki perbedaan dengan kota lain. Di daerah Tegal ini pemberian nama adalah berasal dari jenis motif latar pada batik dan bukan pada motif batik utama seperti yang di daerah lain.

Kota lain dapat dilihat pada motif batik utamanya akan menjadi nama dari kain batik tersebut, namun di kota ini malah gambar latar lah yang menjadi nama dari batik tersebut. Beberapa contoh motif batik yang mengambil nama dari bagian latar adalah motif batik beras wutah, motif batik semut runtung, motif batik blarak saleret, dan juga motif bati tumbar bolong. Sisi lain yang menarik dari Batik Kota Tegal ini adalah dari jenis pemakaian isen batik mereka yang jika di batik kota lain maka isen-isen ini akan diletakkan pada bagian luar dari motif utama, namun pada batik dari Kota Tegal ini malah akan ditempatkan pada bagian dalam dari motif batik utama.

Source http://indofashion.wikidot.com/ http://indofashion.wikidot.com/blog:63
Comments
Loading...