infobatik.id

Kaos Batik Retro Penuh Kesan Nostalgia

0 31

Kaos Batik Retro Penuh Kesan Nostalgia

Jika Anda mengunjungi Pusat Grosir Solo (PGS), Pasar Klewer, atau event bazar tahunan di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta, Anda akan menemui beragam jenis barang olahan dari batik. Anda akan menemui kemeja batik, celana batik, dan kaos batik. Poin yang disebutkan di akhir, merupakan inovasi baru para produsen batik untuk memikat para calon pembeli.

Batik sebagai kearifan lokal, dibalut dengan nuansa modern bernama T-shirt, kemudian digabungkan kembali dengan grafis-grafis yang eye catching, menjadikan calon konsumen terutama anak muda untuk tidak segan mengeluarkan uang mereka. Kaos batik merupakan sandang semi formal, sehingga tak salah jika banyak anak muda memilihnya untuk digunakan dalam keseharian mereka. Anak muda yang identik dengan mobilitas tinggi, menjadikan kaos batik sebagai sandang berkegiatan karena nyaman, luwes, dan enak untuk bergerak.

Selain itu, anak muda yang memakai kaos batik, menciptakan rasa kepercayaan diri dan kebanggan terhadap kearifan lokal. Bagaimana tidak, kaos batik banyak yang berdesain tokoh pewayangan, slogan kota (seperti Solo the Spirit of Java), dan gambar-gambar yang bersifat retro. Jadi jangan kaget ketika Anda menemukan kaos batik bergambar sepeda onthel, andhong, becak, hingga Vespa.

Inovasi memang dibutuhkan, sehingga pilihan memunculkan suatu yang bersifat retro adalah solusi jitu. Kita berada dalam suatu siklus, yang mana tren pasar sekarang menunjukkan bahwa masyarakat sudah agak jemu dengan hingar bingar modernitas. Maka pemilihan kaos batik bergambar retro, ingin mengembalikan romantisme masa lalu, pada saat barang-barang tersebut berada pada era emasnya.

Anda membungkus memori tersebut dalam sebuah kaos batik. Mungkin Anda pernah keliling kota bersama pacar Anda menggunakan Vespa; atau ketika Anda kecil, Anda merengek-rengek kepada orangtua Anda untuk berkeliling dengan naik becak; fungsi itulah yang coba ditegaskan kaos batik. Selain itu kaos batik menjadi pengingat Anda bahwa mereka masih ada hingga kini, meskipun kini mereka telah menyandang gelar: terpinggirkan.

Adalah pilihan tepat tatkala para produsen kaos batik menggunakan gambar-gambar retro sebagai temanya. Ini dimungkinkan untuk menjaga kelestarian mereka. Di samping itu, masih dengan tujuan yang sama: menjadikan batik Indonesia tetap lestari.

Source http://pusatgrosirsolo.com/ http://pusatgrosirsolo.com/artikel-batik/kaos-batik-retro-penuh-kesan-nostalgia/
Comments
Loading...