Kaos Batik dari Mahasiswa Ilmu Komputer

0 238

Kaos Batik dari Mahasiswa Ilmu Komputer

Batik sekarang banyak disukai mulai dari anak kecil sampai orang dewasa tidak jarang batik sudah berkembang berbagai Motif yang modern. Salah satu buktinya adalah T-shirt batik dengan merek Baticube yang dikreasikan oleh para mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI).

 

Baticube memang bukan sebuah mainan kubus seperti bayangan dari kata-katanya. Tapi Baticube adalah sebuah industri dan perusahaan yang bergerak di bidang produksi pakaian batik modifikasi. Pakaian yang dihadirkan Baticube dengan mengusung konsep batik ini sendiri bukanlah kemeja seperti kebanyakan fashion batik, namun Baticube yang di kreasikan lima mahasiswa Fasilkom UI ini adalah sebuah T-shirt.

 

Batik yang diaplikasikan pada T-shirt Baticube sendiri adalah berupa potongan batik asli dengan beragam bentuk seperti bentuk dasi, tanda seru, kubik, dan lain sebagainya. Dalam proses produksinya, potongan batik dengan berbagai bentuk tadi akan didijahitkan ke T-shirt. Nah dari sini maka tercipta T-shirt batik yang unik dan menarik dengan pancaran aura batik.

 

Potongan batik yang digunakan dan diterapkan pada T-shirt Baticube memang merupakan batik asli yang diproses secara batik. Ini artinya potongan batik yang ada pada T-shirt Baticube bukanlah batik printing. Menurut Alfira Fitrananda, salah satu pendiri Baticube, dengan misinya memperkenalkan uniknya batik pada kawula muda, maka pihaknya tak mau menggunakan batik printing yang tidak asli. T-shirt Baticube sendiri awalnya muncul dari tugas kuliah dari kampusnya di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI). Dari sana tim Baticube yang terdiri dari Alfira, Alfadesta, Akhmad Rahadian Hutomo, Ahmad Mahmudi Yunus, dan Adzar Karomy sepakat untuk memproduksi T-shirt batik. Pada mula produksinya, membuat Baticube ini cukup rumit karena tim diharuskan mencari jenis kain T-shirt tertentu yang sesuai dengan kain batik.

 

Dalam proses kreasinya sendiri secara konsep batik pada Baticube tidak dipalikasi pada seluruh bagian dari kaos. Akan tetapi batik pada Baticube ini dihadirkan dan diaplikasikan pada sebagian kaus sebagai desain dalam berbagai bentuk. Namun ternyata hasil dari kreasi lima mahasiswa Fasilkom ini disukai kawula muda dan mampu menghadirkan batik yang inovatif.

Source Kaos Batik dari Mahasiswa Ilmu Komputer Batik
Comments
Loading...