Kampung Pandansari Kembangkan Batik Pewarna Alami

0 276

Kampung Pandansari Kembangkan Batik Pewarna Alami

Masyarakat yang berada di Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Brebes kini menghadirkan batik khas pesisiran dengan corak mangrove pesisiran khas Brebes. Mereka mempromosikan batik tersebut dengan motif yang khas dan bahan alami. Boleh dibilang Batik Mangrove ini, merupakan inovasi terbaru dengan menggunakan tinta dari bahan mangrove.

Ketua perajin Batik Mangrove, Gatot Sunarto mengatakan, batik perajin Desa Kaliwlingi ini tampil sebagai bentuk sumbangsih pada kearifan budaya lokal. Perajin mencoba memanfaatkan mangrove yang sudah mati untuk dijadikan tinta. Batik Mangrove adalah batik alami dan ramah lingkungan, karena berbahan alami bukan sintetis. Dalam tampilan, Gatot mengakui, tidak secerah batik yang memakai tinta sintetik. Tetapi, prosesnya memerlukan pencelupan yang cukup lama.

Salah satu perajin Rosidah mengatakan, saat ini terdapat 50 perajin yang sudah menekuni Batik Mangrove, namun yang aktif dan terus produksi 10 orang. Mereka membatik di sela-sela waktu mengurus keluarga. Satu kain batik memakan waktu lima hari pembuatan. Perajin pada umumnya masih acak membatik, sesuai kata hati karena belum mempunyai motif sendiri.

Kehadiran Batik Mangrove langsung direspons positif oleh pecinta batik, baik lokal maupun luar Brebes. Lisnaena Lisriyanti merupakan aktivis perempuan dan anggata Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) yang juga kolektor batik mengatakan, kehadiran batik mangrove menambah khasanah batik Brebes.

Brebes boleh bangga karena mempunyai berbagai Motif Batik, ada Batik Salem, Batik Bangsin dan Batik Mangrove. Namun batik mangrove masih perlu dipoles dan disiasati agar tidak terlalu mahal harganya. Masalah harga memang masih menjadi perhatian perajin dan pengelola batik mangrove. Menurut Rusjan selaku Ketua Pokdarwis Mangrovesari Desa Kaliwlingi, proses yang lama dan tinta yang berbahan alami menjadi dasar mahalnya Batik Mangrove.

Source Kampung Pandansari Kembangkan Batik Pewarna Alami Batik
Comments
Loading...