Kampung Batik Trusmi

0 203

Kampung Batik Trusmi

Sentra seni dapat ditemukan di Kota Cirebon di pesisir utara Provinsi Jawa Barat. Namun, istilah ‘Batik Cirebon’ mungkin tidak asing bagi banyak orang karena kebanyakan orang menyebutnya sebagai ‘Batik Trusmi’. Hal ini karena berada di Desa Trusmi, terletak sekitar 4 KM sebelah barat pusat kota, itulah jantung dari produksi Batik Cirebon dan di sinilah Anda akan menemukan bahan dan seni batik Cirebon yang terbaik.

KampungTrusmi, ada lebih dari 1.000 perajin batik yang bekerja setiap hari untuk menghasilkan karya-karya bagus ini. Ini bukan hanya penduduk desa dari Trusmi sendiri tapi juga dari daerah terdekat seperti Gamel, Kaliwulu, Wotgali, dan Kalitengah. Di sini, di sepanjang jalan utama 1.5 Km, disini akan menemukan deretan toko dan showroom Batik Trusmi yang berbaris di jalanan yang menampilkan produk terbaik mereka. Saat ini, mengikuti tren dunia maya, ada juga toko yang menjual Batik Trusmi secara online.
Hasil gambar untuk Kampung Batik TrusmiTidak seperti daerah yang merupakan penghasil batik lainnya seperti Solo yang terutama menampilkan satu gaya Batik Keraton (Batik Batik) atau Pekalongan yang khas yang berfokus pada Batik Pesisir (Batik Pesisir), Cirebon menampilkan kedua gaya batik. Mirip dengan kota Yogyakarta atau Solo, gaya batik klasik Cirebon di sini juga telah dikembangkan oleh istana kerajaan (Kesepuhan dan Kesultanan Kanoman), sementara batik pesisir itu sendiri muncul dari komunitas perdagangan dan nelayan yang membawa motif dan gayanya sendiri. Batik kerajaan dicirikan dengan motif simbol kerajaan berdasarkan filosofi keagamaan, sementara batik pesisir lebih dinamis dan terbuka terhadap tren saat ini.

Source Kampung Batik Trusmi Sentra
Comments
Loading...