Kampung Batik Semarang, Wisata Baru yang Unik dan Penuh Sejarah

0 23

Kampung Batik Semarang, Wisata Baru yang Unik dan Penuh Sejarah

Kota Semarang dikenal dengan lumpia dan bandeng presto sebagai wisata kulinernya. Sedangkan Kampung Pelangi menjadi destinasi wisata menarik, juga instragamable. Selain itu, terdapat tempat wisata baru kekinian di Semarang.

Kampung Batik namanya. Berlokasi di kawasan Kota Lama, Rejomulyo Semarang, Jawa Tengah. Kampung ini dulunya memiliki sejarah kelam. Kemudian, disulap menjadi sentra kerajinan batik dan di setiap sudutnya dihiasi mural-mural.

Pengrajin batik asli dari Semarang sudah ada sejak 1970. Namun, batik di sini pernah redup, hingga nyaris hilang karena memiliki cerita kelam, yaitu sebagai daerah rawan pencurian dan pembunuhan. Kini, kawasan tersebut berubah jadi tempat wisata menarik yang banyak dikunjungi para pelancong. Masyarakat sekitar kampung ini mulai menunjukan geliatnya untuk melestarikan batik lokal. Kemudian, kampung yang terletak di sekitar kota lama ini diubah menjadi tempat unik.

Di setiap sudut jalan Kampung Batik dihiasi goresan mural atau lukisan motif batik khas Semarang. Mulai dari cerita pewayangan hingga legenda asal-usul Kota Semarang. Selain itu, terdapat juga gambar sosok Raden Patah yang memberi nama Kota Semarang.

Asal mula nama Semarang diambil dari kata ‘asem orang’. Asem berarti pohon, sedangkan Orang yaitu dalam bahasa Jawa adalah ‘jarang-jarang’. Dulunya, Semarang ditumbuhi banyak pohon asem. Namun, jarak antara pohon cukup jauh atau jarang-jarang.

Biasanya, para wisatawan mengunjungi tempat ini sebagai lokasi selfie. Spotnya sangat menarik. Baik siang maupun malam, Kampung Batik selalu dikunjungi para pelancong. Selain itu, kampung ini juga menjadi tempat menjual berbagai kain batik khas Semarang, kursus membantik dan lainnya. Jika ingin mengunjungi Kampung Batik Semarang, cukup membayar tiket masuk kisaran Rp 25 hingga 30 ribu sekaligus mencoba melukis batik sendiri dan mempelajari sejarah batik khas Semarang.

Source https://sportourism.id/ https://sportourism.id/tourism/kampung-batik-wisata-baru-yang-unik-dan-penuh-sejarah-di-semarang
Comments
Loading...