Kampung Batik Semarang Beri Berbagai Pilihan Motif dan Jenis Batik

0 17

Batik menjadi satu ciri khas Indonesia dari sisi kebudayaan. Beberapa daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya sendiri mengenai motif batik. Hal tersebut membuat beberapa rombongan pegawai swasta di Semarang memutuskan untuk berburu batik di Kampung Batik hari ini.

Rombongan ini mau mencari batik untuk seragam di kantor, sekalian kan kalau beli banyak siapa tahu bisa diskon. Dari keterangan pemilik kios Rusdya, Rahayu Ningsih (43), ada beberapa motif batik yang ia produksi, jawa dan nusantara. Untuk jenisnya sendiri ada batik dari kain printing maupun batik tulis. Kami juga menjual kain, untuk kain printing harganya Rp 50 ribu per dua meter, kain batik tulis Rp 400 ribu – Rp 2 juta per dua setengah meter.

Untuk jenis batik yang sudah jadi juga bervariasi harganya, baju batik lelaki dan perempuan dibandrol Rp 50.000 – Rp 300.000. Ini untuk batik yang sudah jadi belum termasuk diskon (potongan harga), saya memberikan diskon mulai dari 10 hingga 20 persen.

Ada juga aneka celana serta rok batik, seperti celana balon harganya Rp 125 ribu, celana serut Rp 100 ribu, rok serut Rp 150 ribu, dan rok lilit Rp 100 ribu. Harga tersebut belum termasuk diskon, diskon yang diberikan bisa dinego, antara 10 – 20 persen per item.

Kampung Batik Kota Semarang tentu bisa menjadi rekomendasi bagi pengunjung yang sedang mencari berbagai jenis batik. Ada beberapa kios yang mencerminkan keberagaman Indonesia melalui jenis batik yang diproduksi.

Dengan adanya Kampung Batik ini kebudayaan Indonesia juga secara tidak langsung bisa lestari. Dari pusat Kota Semarang berjarak sekitar lima kilometer, lokasinya dekat dengan bundaran bubakan. Di kampung batik ini, pengunjung juga bisa berfoto maupun swafoto dengan latar lukisan tiga dimensi serta grafiti yang dibuat warga setempat.

Source http://jateng.tribunnews.com/2018/07/02/kampung-batik-semarang-beri-berbagai-pilihan-motif-dan-jenis-batik?page=2 http://jateng.tribunnews.com
Comments
Loading...