Kampung Batik Kunir

0 218

Kampung Batik Kunir

Desa Kunir Kidul adalah desa yang cukup padat penduduknya. Desa ini adalah desa terdekat dari kota Kecamatan. Desa inilah yang merupakan cikal bakal tumbuhnya industri batik di Kabupaten Lumajang. Karena dari sinilah awal mula batik dari ciri khas buah pisang di buat dan mulai dikenal masyarakat luas. Tak hanya Solo dengan batik Laweyannya, Lumajang juga punya dengan batik Kunirnya. Kampung Batik Kunir ini merupakan cikal bakal tumbuhnya industri batik di Lumajang karena dari sinilah awal mula batik Lumajang dikenalkan.

Ada 7 kelompok batik yang berada di Kampung Batik Kunir yang dikenal dengan sebutan Makarti Jaya yang dikelola langsung oleh Munir sebagai salah satu tokoh batik Lumajang. Di kampung ini kita dapat melihat proses pembuatan batik mulai dari pembuatan motif, melukis di kain (canting), pewarnaan, perebusan hingga hasil jadi.

Beragam corak tersedia di sini, terutama yang Batik khas Lumajang seperti buah pisang, sulur, gelombang samudra dan burung penglor. Berbeda denga Batik Yosowilangun yang berwarna kalem, Batik Kunir lebih berwarna cerah dan mencolok dengan motifnya yang berani dan kental kekhasan Lumajang. Bahkan warna identitas batik di sini adalah Turquise.

Selain batik tulis, juga terdapat batik cetak bahkan perpaduan keduanya. Harganya sangat beragam, mulai dari Rp. 150 ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung dari motif, kain dan warna yang dibuat.

Source Kampung Batik Kunir Batik
Comments
Loading...