Kampung Batik Kembang Mayang Tangerang

0 160

Kampung Batik Kembang Mayang Tangerang

Selain menjadi lokasi swafoto, Kampung Batik Kembang Mayang juga menggeluti aktivitas yang jarang digandrungi oleh masyarakat saat ini. Ya, sesuai dengan namanya, warga sekitar menekuni pembuatan batik tulis. Budi Darmawan, Ketua RT setempat sekaligus pencetus Kampung Batik Kembang Mayang mengatakan, tembok dengan cat motif batik memang menjadi andalan Kampung Batik Kembang Mayang. Namun, hal itu saja ia rasa tak cukup.

Pria yang akrab disapa Iwan itu ingin membuat suatu hal yang menjadi ciri khas di lingkungannya. Nah, ia mengajak warga sekitar untuk turut menekuni pembuatan batik. Kebetulan, Iwan sendiri merupakan orang yang ahli di dalam bidang itu. Respon ibu-ibu sekitar ternyata sangat positif. Mereka pun sangat antusias untuk belajar proses pembuatan batik. Iwan akhirnya mengajak ibu-ibu tersebut ke Jalan Palbatu, Menteng Dalam, Tebet, Jakarat Selatan, untuk belajar membatik.

Ilmu membatik yang diserap ibu-ibu tersebut dibawa ke Jalan Mayang RT 002 RW 011, Larangan Selatan, Kota Tangerang. Bersama Iwan, ibu-ibu yang mayortias bekerja sebagai ibu rumah tangga itu membuat batik di lingkungannya. Modalnya pun berdasarkan swadaya masyarakat saja. Biasanya, mereka membatik di sebuah sanggar yang juga dijadikan posyandu. Setiap hari Rabu dan Jumat, mereka membuka kelas di posyandu untuk belajar membatik. Batik yang digarapnya pun merupakan batik tulis dan cap. Mereka pun menamakannya dengan sebutan Batik Kembang Mayang.

Meski begitu, Iwan dan warga sekitar belum ingin memproduksi batik untuk dijual, walaupun ke depannya akan seperti itu. Alasannya, ia masih ingin mengedukasi soal proses membatik kepada warga lainnya. Sekedar informasi, Kampung Batik Kembang Mayang sendiri tercetus pada pertengahan tahun 2017 lalu. Di sini terdapat spot foto bagus dengan latar belakang batik yang merupakan ciri khas kebudayan Indonesia. Warga sekitar membuat gambar berbentuk motif batik di tembok-tembok dengan menggunakan cat berwarna. Hasilnya pun menarik beberapa orang, tidak dari wilayah situ saja, untuk berswafoto dengan latar belakang tembok batik. Hal itu jugalah yang membuat Kampung Batik Kembang Mayang menjadi viral.

Source http://poskotanews.com/ http://poskotanews.com/2018/03/18/viral-ini-dia-kampung-batik-kembang-mayang-tangerang/
Comments
Loading...