Kampung Batik Kauman, Bersejarah, Ikonik, dan Kini Digital

0 90

Sebagai salah satu ikon batik Indonesia, Pekalongan adalah gudangnya para pengrajin, juga pedagang batik yang sudah masyhur. Karya-karya para pengrajin batik Pekalongan sudah sering kita lihat, dan melanglang nusantara bahkan hingga menembus batas-batas Indonesia.

Dan salah satu hal tentang batik yang paling ikonik di Pekalongan adalah Kampung Batik Kauman. Kampung Batik ini terletak di kelurahan Kauman yang memang sejak lama menjadi hunian bagi puluhan pengrajin batik di sana. Kampung Batik Kauman ini bahkan terpilih menjadi salah satu desa wisata terbaik tingkat nasional beberapa tahun lalu.

Lokasi kelurahan Kauman yang strategis di tengah Kota Pekalongan serta dekat dari pasar, hotel dan pusat pemerintahan menjadi faktor pendukung kelurahan ini perlahan berkembang menjadi kampung batik yang kini dianggap sebagai ikon Kota Pekalongan.

Daya tarik wisata lain yang ada di Kampung Kauman Pekalongan adalah Masjid Agung Al-Jami Kota Pekalongan yang berdiri sejak 1852, pun juga rumah-rumah tua yang menjadi saksi turun-temurunnya para pengrajin batik selama 3 generasi.  Seni budaya Terbang Genjring dan Simtudduror, sejenis musik religius diiringi alat musik terbangan dan salawatan nabi Muhammad juga menambah kekhasan kawasan tradisional ini.

Tradisi keseharian ini  berpadu dengan pengerjaan batik pekalongan yang tersebar di rumah-rumah penduduk membuat batik Pekalongan menyatu erat dan menjadi bagian dari kehidupan sosial masyarakatnya. Batik juga menjadi salah satu penopang perekonomian utama bagi masyarakat Pekalongan.

Pengelolaan bisnis batik di Kauman pada umumnya masih dikelola dengan sistem tradisional dan kekeluargaan, namun kini sudah mulai memanfaatkan manajemen dan teknologi modern. Salah satunya adalah penerapan digitalisasi melalui program Telkom Indonesia, yakni Kampung UKM Digital.

Melalui program ini, Kampung batik Kauman menerapkan konsep filosofi Pentahelix Acadeny-Bussiness-Community-Goverment-Media. Dalam konsep tersebut akademisi berperan sebagai konseptor, seperti melakukan standarisasi model bisnis, sertifikasi, dan lainnya. Telkom selaku pelaku bussiness sebagai enabler dengan menghadirkan infrastruktur ICT, media menjalankan peran sebagai expander atau memperluas keseluruh masyarakat, komunitas sebagai akselerator dan pemerintah sebagai regulator.

Hingga kini, total UKM di paguyuban Kampung Batik Kauman ini sekitar 42 pelaku usaha, dan mereka segera go digital dengan mengajak bergabung di portal smartbisnis.co.id dan membuka outlet di blanja.com dan aplikasi Jarvis.  Kampung UKM Digital sendiri adalah program dari Telkom Indonesia dalam rangka pemanfaatan teknologi Informasi secara komprehensif dan integratif untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di Sentra UKM atau UKM yang terpusat di suatu lokasi tertentu dalam rangka mewujudkan Jutaan UKM yang Maju, Mandiri, dan Modern.

Melalui program ini, diharapkan UKM-UKM di Indonesia mampu memiliki daya saing dalam tingkat global dan turut serta berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Source https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/04/25/kampung-batik-kauman-bersejarah-ikonik-dan-kini-digital www.goodnewsfromindonesia.id
Comments
Loading...